Berita Tarakan Terkini

Tekan Risiko Kebakaran dan Pencemaran, Pelajar SMAN 2 Tarakan Ikuti Edukasi Safety Riding

PT Medco i PT Medco E&P Tarakan berikan sosialisasi safery riding dan edukasi hulu migas kepada SMAN 2 Tarakan Kalimantan Utara.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
h Nugraha Alibasah, Operations Manager of Tarakan PT Medco E & P Tarakan, bersama jajarannya menyampaikan edukasi bagaimana safety riding antisipasi terjadi insiden kebakaran dan pencemaran menyasar pelajar di SMAN 2 Tarakan, Senin (12/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Total saat ini PT Medco E&P Tarakan memiliki 53 sumur yang dikelola dan tersebar di sejumlah wilayah di Tarakan, Kalimantan Utara.

Khususnya wilayah lapangan Mamburungan, ada 19 sumur aktif yang berada di bawah pengelolaan PT Medco E&P. Kondisinya masih ada sumur PT Medco E&P berlokasi tak jauh dari wilayah atau permukiman warga.

Mengantisipasi kondisi kebakaran dan pencemaran lingkungan dengan keberadaan sumur produksi yang ada saat ini, PT Medco E&P Tarakan menggelar Sosialisasi Industri Hulu Migas dan edukasi Safety Riding menyasar pelajar di SMAN 2 Tarakan, Senin (12/9/2022).

Baca juga: Lewat Safety Riding, Orang Muda Kaltim Siap Kawal Ganjar Presiden, Ketokohannya Bukan Kaleng-kaleng

Sosialisasi ini sebagai wujud tanggung jawab PT Medco E&P Tarakan kepada masyarakat. Nugraha Alibasah, Operations Manager of Tarakan PT Medco E & P Tarakan usai kegiatan mengungkapkan, sebagai perusahaan yang beroperasi di Tarakan, selain masyarakat umum, pelajar juga perlu mengetahui keberadaan sumur Medco di Tarakan.

“Diharapkan bisa memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat dalam hal ini kepada pelajar agar lebih paham di sekitar lingkungan mereka beraktivitas ada aktivitas industri migas yang sangat tinggi risikonya,” beber Nugraha Alibasah.

Baca juga: Ditlantas Polda Kaltara Gelar Safety Riding & Driving, Kombes Rachmad: Langkah Persiapan Kawal RI 1

Oleh karena itu lanjutnya diharapkan ada pemahaman mengenai bahaya-bahaya yang ada di industri migas dan peralatan apa yang ada dan manfaat industry migas di Kota Tarakan ini bisa dipahami pelajar di sekolah.

Lebih lanjut adapun berkaitan risiko yang berpotensi terjadi karena ketidakpahaman masyarakat dijabarkan Nugraha, sapaan akrabnya, di antaranya mengingat operasional Medco Tarakan berdekatan langsung dengan aktivitas masyarakat.

h

Nugraha Alibasah, Operations Manager of Tarakan PT Medco E & P Tarakan, bersama jajarannya menyampaikan edukasi bagaimana safety riding antisipasi terjadi insiden kebakaran dan pencemaran menyasar pelajar di SMAN 2 Tarakan, Senin (12/9/2022).
h Nugraha Alibasah, Operations Manager of Tarakan PT Medco E & P Tarakan, bersama jajarannya menyampaikan edukasi bagaimana safety riding antisipasi terjadi insiden kebakaran dan pencemaran menyasar pelajar di SMAN 2 Tarakan, Senin (12/9/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Biasanya di tempat lain, jauh dari permukiman masyarakat. Tapi di Tarakan, spesifik berdekatan. Oleh karena itu, risiko paling tinggi adalah masyarakat beraktivitas di wilayah kita, pertama ada kemungkinan ada kebakaran, kedua yakni pencemaran,” urainya.

Itu apabila fasilitas yang ada di sekitar lingkungan masyarakat itu tidak dijaga. Maka lanjutnya dampaknya akan kembali terasa oleh masyarakat di sekitar itu sendiri.

Baca juga: Stop Produksi Air Bersih, PDAM Tana Tidung Beber 2 Wilayah Terdampak Parah Pencemaran dari Malinau

Jarak aman dari lokasi operasi migas dari permukiman masyarakat sebenarnya sesuai aturan internal dari satu facility ke lokasi facility lainnya seharusnya 50 meter.

“Untuk masyarakat khususnya 100 meter. Tapi di sini sumur lama, sudah banyak berhimpitan dengan kondisi masyarakat. Itu menjadi tanggung jawab Medco dan kami selalu memberikan edukasi dan pengertian kepada masyarakat bahwa mereka sebenarnya berada di zona yang tidak aman,” beber Nugraha.

Lebih lanjut dijelaskannya, ia berharap dengan sosialisasi safety riding bisa diteruskan kepada masing-masing keluarga di rumah dan bisa diantisipasi bersama.

Baca juga: Agustus Ini, Dua Kali Kebakaran Lahan di Juata, Kepala BPBD Tarakan Imbau Warga Jangan Asal Bakar 

“Selain bentuk tanggung jawab terhadap lokasi sumur berdekatan dengan masyarakat, tadi juga ada sosialisasi edukasi bagaimana penggunaan kendaraan dengan baik,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

 

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved