Berita Tarakan Terkini

Wali Kota Tarakan Lepas Ekspor Perdana Rumput Laut Langsung ke Vietnam, Harap Bisa Tingkatkan DBH

Wali Kota Tarakan dr Khairul ikut lepas ekspor perdana rumput laut langsung ke Vietnam, harap bisa tingkatkan Dana Bagi Hasil atau DBH.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Wali Kota Tarakan, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan bersama Bea Cukai Tarakan, Badan KIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan memecahkan kendi tanda dimulainya pelepasan ekspor perdana langsung rumput laut ke Vietnam, Jumat (16/9/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Wali Kota Tarakan dr Khairul, M Kes ikut meresmikan dan melepas ekspor perdana secara langsung pengiriman rumput laut ke Negara Vietnam, Jumat (16/9/2022) siang tadi dari Pelabuhan Malundung Pelindo IV Kota Tarakan.

Dikatakan Wali Kota Tarakan dr Khairul, M.Kes, pengusaha rumput laut lokal yang bisa menembus ekspor keluar negeri adalah pencapaian yang luar biasa dan tentu tidak mudah.

Termasuk selama ini dukungan dari seluruh stakholders yang membantu memperlencar proses ekspor mulai dari Bea Cukai, Balai Karantina Perikanan, Pelindo, Pemprov Kaltara dan seluruh stakeholders lainnya.

“Selamat untuk kepada pengusahan yang sudah bisa menembus pasar Vietnam ini. Tagline Tarakan ini sebagai kota perdagangan dan jasa. Tentu kami sangat men-support semua berkaitan sektor jasa dan perdagangan,” urai Wali Kota Tarakan.

Baca juga: Perdana, Bea Cukai Tarakan Lepas Ekspor Rumput Laut ke Vietnam, Langkah Awal UMKM Go Internasional

Penempelan stiker Bea dan Cukai ditandai resminya pelepasan ekspor perdana rumput laut ke Vietnam dari Pelabuhan Malundung Pelindo 4 Cabang Tarakan, Jumat (16/9/2022).
Penempelan stiker Bea dan Cukai ditandai resminya pelepasan ekspor perdana rumput laut ke Vietnam dari Pelabuhan Malundung Pelindo 4 Cabang Tarakan, Jumat (16/9/2022). (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

Apalagi ekspor ini berimplikasi kepada dana bagi hasil (DBH) yang diperoleh Pemkot Tarakan. Diharapkan dengan ekspor yang berlanjut dan berkembang, DBH bisa bisa ikut diperoleh.

“Di samping memperluas jangkauan pasar juga bisa untuk meningkatkan DBH,” ujarnya.

Saat ini memang masih melalui Surabaya, namun dokumennya berasal dari Tarakan dan tercatat sebagai devisa ekspor Tarakan.

“Kita berharap semua pengusaha perikanan coldstorage bisa begitu. Dokumen ekspornya bisa diurus di sini tidak di Surabaya sehingga bisa jadi catatan ekspor di Tarakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonoian dan Pembangunan Setprov Kaltara, Bustan yang juga mewakili Gubernur Kaltara menyampaikan Pesan kepada seluruh pihak berkaitan dengan rumput laut termasuk eksportir, untuk dapat selalu menjaga kualitas sesuai dengan standar yang diharapkan dan menjaga nama baik Provinsi Kalimantan Utara termasuk kabupaten dan kota.

“Kita percaya hasil laut dan perikanan dapat berkelanjutan serta diperhitungkan di pasar global. Kepada instansi terkait, saya berharap kita dapat selalu memberikan pembinaan kepada masyarakat petani rumput laut khususnya agar dapat terus meningkatkan produksinya baik dari sisi kuantitas maupun kualitas,” beber Bustan.

Dengan meningkatnya nilai dan daya saing produk tentu akan dapat memicu tumbuhnya dan berkembangnya dunia usaha terutama para pengusaha rumput laut.

Baca juga: Disdikbud Tarakan Miliki 641 Tenaga Honorer, Budiono Tegaskan Semua Harus Ikut PPPK

Selain itu juga ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Provinsi Kalimantan Utara.

Untuk itu lanjutnya, kolaborasi di antara masyarakat dan pemerintah dan vertikal san semua harus diwujudkan, agar bisa memajukan sektor kelautan dan perikanan.

“Ini untuk mendukung transformasi ekonomi di Kalimantan Utara menuju Kaltara berubah maju dan sejahtera. Beberapa hal yang saya sampaikan dalam peluncuran ekspor perdana rumput laut pada hari ini semoga berkah, kami mengucapkan selamat atas terlaksananya ekspor perdana ini semoga ini menjadi momentum kebangkitan ekspor produk kelautan dan perikanan di Kaltara,” urainya seraya menambahkan, Provinsi Kaltara bisa semakin dikenal luas secara nasional maupun internasional.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved