Berita Nunukan Terkini

Lantik 46 Pengurus Asppindo Nunukan, Novliana Harap Pelaku Usaha di Perbatasan Sinergi dengan Pemkab

Lantik 46 pengurus Asppindo Kabupaten Nunukan, Novliana harap pelaku usaha di perbatasan sinergi dengan Pemkab Nunukan: Wujudkan ekonomi tumbuh.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / FEBRIANUS FELIS
Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pengusaha Perbatasan Indonesia (Asppindo) Kalimantan Utara (Kaltara), Novliana melantik sebanyak 46 pengurus Asppindo Kabupaten Nunukan, di Aula Cafe Syan, Jumat (23/09/2022), pukul 14.00 Wita. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pengusaha Perbatasan Indonesia (Asppindo) Kalimantan Utara (Kaltara), Novliana harapkan pelaku usaha di perbatasan sinergi dengan pemerintah daerah (Pemda).

Hal itu dia sampaikan sesuai melantik sebanyak 46 pengurus Asppindo Kabupaten Nunukan, Jumat (23/09/2022), pukul 14.00 Wita.

"Saya mengajak pengurus Asppindo yang baru dilantik agar sinergi dengan Pemda termasuk Pemerintah Provinsi Kaltara untuk mewujudkan ekonomi tumbuh dengan baik di perbatasan," kata Novliana kepada TribunKaltara.com.

Novliana juga mengaku siap mendukung Pemerintah Provinsi Kaltara dan Pemda Nunukan dalam membangun ekonomi perbatasan.

Baca juga: Satpol PP Nunukan Tertibkan Bangunan Liar di Pasar Yamaker, Minta Pemda Segera Bangun Lahan Parkir

Lebih lanjut dia sampaikan bahwa pendekatan pembangunan daerah perbatasan di masa lalu yang lebih berorientasi pada keamanan, kini saatnya menuju ke arah pembangunan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Kalau masyarakat perbatasan sejahtera, otomatis bisa membantu aparat keamanan untuk menjaga wilayah perbatasan agar tetap kondusif," ucap Novliana.

Novliana menjelaskan visi Asppindo adalah menghimpun pelaku usaha ekonomi dalam sebuah wadah organisasi, sebagai upaya penguatan strategis dan langkah produktif untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perdagangan ekonomi lintas batas negara RI.

Sehingga perlu dilakukan penyatuan dan penguatan para pelaku usaha yang ada di wilayah perbatasan, dalam aktivitas ekonomi dengan negara tetangga.

"Asppindo harus bisa memfasilitasi serta mencari solusi dari berbagai masalah ekonomi dan perdagangan yang ada di perbatasan bersama Pemda," ujarnya.

Selain itu juga, Novliana menuturkan perlu untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) dan daya saing masyarakat perbatasan lingkup Kaltara.

Baca juga: Cek Delapan Jadwal Speedboat Kaltara, Keberangkatan Rute Nunukan-Tarakan Jumat 23 September 2022

Termasuk meningkatkan nilai ekspor produk-produk lokal melalui pos lintas batas negara yang ada di Kaltara.

"Dorong lahirnya kota-kota baru sebagai pusat pertumbuhan ekonomi sepanjang perbatasan negara. Saya rasa visi dan misi Asppindo sudah selaras dengan visi dan misi Pemerintah Provinsi, terutama terkait pembangunan daerah perbatasan," tuturnya.

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved