Berita Tarakan Terkini

Tunggu Proses Tukar Guling Aset Kelar, Pembangunan SDN 009 Tarakan Disetop Sementara

Pembangunan SDN 009 Tarakan, yang berlokasi di Jalan Kamboja RT 31 Kelurahan Karang Anyar masih belum berlanjut lantaran terkendala kepemilikan lahan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Lokasi lahan di SDN 009 Tarakan di Jalan Kamboja Kelurahan Karang Anyar disetop pembangunannya sementara sambil menunggu proses hibah atau tukar guling lahan Pemkot Tarakan dan Bandara Juwata Tarakan di bawah naungan Kemenhub. 

TRIBUNKATARA.COM, TARAKAN – Pembangunan SDN 009 Tarakan, Kalimantan Utara  yang berlokasi di Jalan Kamboja RT 31 Kelurahan Karang Anyar saat ini masih belum berlanjut lantaran terkendala kepemilikan lahan.

Diketahui sebagian lahan di atasnya sudah berdiri gedung SDN 009  Tarakan ternyata aset milik Bandara Juwata Tarakan atau di bawah penguasaan Kementerian Perhubungan.

Pembangunan sempat terhenti untuk menyelesaikan persoalan tersebut dan Wali kota Tarakan sudah mengusulkan tukar guling aset yang dimiliki Pemkot kepada pihak Bandara Juwata Tarakan.

Baca juga: Usul Tukar Guling Lahan SDN 009, Wali Kota Tarakan dr Khairul Sebut Pengajuan Berproses di Kemenhub

Kepala Disdikbud Tarakan, Budiono juga membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, dua pemilik lahan saat ini ada milik Pemkot Tarakan dan juga ada milik dari pihak bandara.

“Kemarin pembangunan disetop dan diminta selesaikan dulu. Kami sudah rapat tindaklanjuti itu, dan kita dihadiri Pemkot, Pak Asisten Pembangunan, dari Satgas PUPR, BPN dan Disdik dan disepakati diusulkan ke Kemenhub prosesnya hibah lahan,” bebernya.

Hibah lahan dimaksudkan ada tukar guling dan lahan di SDN 009 akan dihibahkan ke Pemkot berdasarkan usulan dari pihak Bandara ke Kemenhub dan sebaliknya, ganti tukar gulingnya, dari Pemkot Tarakan akan menghibahkan lahannya juga ke Kemenhub.

Baca juga: Pembangunan Gedung SDN 009 Karang Anyar Masih Terkendala Izin Kemenhub, Pemkot Tarakan Lagi Upayakan

“Sudah diukur dan luasannya sama. Total luasan di SDN 009 1.665 meter persegi. Dihibahkan dari lokasi depo sampah, sama luasannya dan tidak berjauhan lokasinya. Hasil rapat kemarin dibuatkan usulan untuk proses hibah,” ujarnya.

Ia melanjutkan, diupayakan saat ini progress pembangunan dikebut namun yang dikebut pembangunannya adalah di lahan yang dikuasai asetnya oleh Pemkot Tarakan.

Lokasi lahan SDN 009 Tarakan 01 29092022
Lokasi lahan di SDN 009 Tarakan di Jalan Kamboja Kelurahan Karang Anyar disetop pembangunannya sementara sambil menunggu proses hibah atau tukar guling lahan Pemkot Tarakan dan Bandara Juwata Tarakan di bawah naungan Kemenhub.

“Kan ada lahan kita di seberang, utara. Rencana dibangun di sana sambil nunggu proses hibah. Utara itu dekat rumah permukiman penduduk ke arah penjualan besi tua,” bebernya.

Adapun luasan lahan yang dikuasai Pemkot saat ini sekitar 516 meter persegi. Diakuinya memang lahan bandara lebih luas di lokasi SDN 009 yakni 1.665 meter persegi.

“Kemarin sudah ada petanya memanjang tanahnya ke belakang,” pungkasnya.

 

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved