Berita Nasional Terkini

Cara Cek Nama Penerima BLT Subsidi Gaji Rp 600 Ribu dan Daftar BSU Tahap 4, Klik Kemnaker Login

Cek nama penerima Bantuan Langsung Tunas atau BLT Subsidi Gaji Rp 600 ribu dan daftar bantuan subsidi upah (BSU) tahap 4 tahun 2022, klik Kemnaker.

Editor: Sumarsono
TRIBUNNEWS
ILUSTRASI - Cara cek BLT karyawan alias BSU subsidi gaji sudah dapat atau tidak. Seperti diketahui, Bantuan Langsung Tunai (BLT) karyawan atau disebut juga Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau subsidi gaji BLT BPJS Ketenagakerjaan/BSU Jamsostek senilai Rp 1,2 juta sudah sampai tahap 4. Dana BLT Rp 1,2 juta itu adalah akumulasi pencairan selama dua bulan. Meski sudah sampai tahap 4, masih banyak pekerja yang mengaku belum dapat. 

TRIBUNKALTARA.COM – Cara cek nama penerima Bantuan Langsung Tunas atau BLT Subsidi Gaji Rp 600 ribu dan daftar bantuan subsidi upah atau BSU tahap 4 tahun 2022, silakan klik Kemnaker Login.

Subsidi Gaji Rp 600 ribu dan bantuan pemerintah berupa subsidi upah (BSU) tahap 4 telah disalurkan sejak 3 Maret 2022.

Rekening pekerja melalui bank penyalur yang tergabung di Himpunan Bank Milik Negara atau Himbara.

Cara cek nama penerima BLT Subsidi Gaji Rp 600 ribu dan daftar BSU tahap 4 tahun 2022, jangan sampai salah , klik Kemnaker Login.

Menurut Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Indah Anggoro Putri seperti dikutip dari Kompas.com, ada 1.091.437 pekerja/buruh penerima Subsidi Gaji tahap 4 senilai Rp 600.000 per orang.

Baca juga: Lakukan Pendataan BLT BBM, Dinsos PMD Tana Tidung Minta Kejujuran Calon Penerima Manfaat

"Insya Allah cair (subsidi gaji tahap keempat) ke (rekening) 1.091.437 pekerja. Ini yang cair dan akan tersalurkan ke rekening penerima BSU tahap 4, mulai pagi ini," katanya dilansir dari Kompas.com, Senin.

Penerima BSU Tahun 2022 harus sesuai dengan kriteria atau persyaratan yang tertulis di Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah Bagi Pekerja/Buruh.

Selain menjadi peserta aktif program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022, syarat penerima BSU lainnya yaitu Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Para pekerja/buruh mempunyai gaji/upah paling banyak Rp 3,5 juta atau bagi pekerja yang bekerja di wilayah dengan UMP/UMK lebih besar dari Rp 3,5 juta, persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar UMP/UMK dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.

BSU tidak akan diberikan apabila pekerja/buruh telah menerima program bantuan pemerintah lainnya, seperti Kartu Prakerja, Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM).

Baca juga: Intip Cara Cek Notifikasi Penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU, Kunjungi Laman kemnaker.go.id

Penerima BSU diipastikan bukan merupakan golongan TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Desa, direksi maupun komisaris BUMN, BUMD, serta anggota DPR/DPRD.

Cara Cek Penerima BLT Subsidi Gaji Bisa Melalui HP dengan login bsu.kemnaker.go.id

Dilansir dari laman resmi Kemnaker, berikut cara mengecek penerima BSU:

1. Untuk mengakses status penyaluran harus mempunyai akun, sehingga lakukan pendaftaran jika belum punya akun.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved