Berita Nunukan Terkini

Ribuan Warga Binaan Lapas Nunukan, Diajak Bersenda Gurau Kakanwil Kemenkumham Kaltimtara

Selain bersenda gurau dengan para WBP Lapas Nunukan, Sofyan juga berikan arahn soal ketertiban dan keamanan selama berada di Lapas.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kaltimtara, Sofyan memberikan arahan kepada ribuan WBP (warga binaan pemasyarakatan) dari luar kamar hunian Lapas Kelas IIB Nunukan, Rabu (07/12/2022), pagi. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Dalam kunjungan kerja ke Lapas Kelas IIB atau Lapas Nunukan, Kepala Kantor Wilayah atau Kakanwil Kemenkumham Kaltimtara, Sofyan memberikan arahan kepada ribuan WBP (warga binaan pemasyarakatan).

Kunjungan kerja Kakanwil Kemenkumham Kaltimtara berlangsung dua hari sejak Senin (05/12), Sofyan sempatkan diri untuk menyapa WBP sekaligus memberikan arahan di empat blok kamar hunian Lapas Nunukan.

Sofyan mengatakan, arahan kepada WBP sebagai bentuk antisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di dalam Lapas Nunukan.

Baca juga: Petugas Lapas Nunukan Temukan Sabu Dalam Bungkus Rokok, Kalapas Youga: Diguga Salah Sasaran

"Saya ajak bersenda gurau sekaligus arahan kepada WBP, apalagi jumlah mereka 1.229 orang dengan kondisi over kapasitas. Agar situasi di dalam Lapas Nunukan tetap kondusif," kata Sofyan kepada TribunKaltara.com, Rabu (07/12/2022), pagi.

Menurut Sofyan, kegiatan menyapa WBP bagian dari memberikan semangat dan motivasi agar mereka tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar Lapas Nunukan.

"Kami berharap mereka semua bisa mengikuti program pembinaan yang ada dengan tertib," ucapnya.

Baca juga: Kakanwil Kemenkumham Kaltim Takjub Melihat SAE Lanuka: Ini Jadi Ruang Kreasi Bagi WBP

Sementara itu, Kalapas Kelas IIB Nunukan I Wayan Nurasta Wibawa yang turut mendampingi Sofyan mengaku kegiatan serupa juga rutin dilakukan mereka untuk menampung saran dan keluh kesah WBP.

"Kegiatan ini sebagai wujud kami hadir dalam memberikan pembinaan dan pengamanan. Kami bangun komunikasi yang baik sebagai langkah antisipasi gangguan Kamtib," ujar I Wayan Nurasta Wibawa.

Sofyan Kemenkumham Kanwil Kaltim 01 07122022
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Kaltimtara, Sofyan memberikan arahan kepada ribuan WBP (warga binaan pemasyarakatan) dari luar kamar hunian Lapas Kelas IIB Nunukan, Rabu (07/12/2022), pagi.

Bahkan kata Wayan, kegiatan menyapa WBP oleh pimpinannya juga sebagai contoh kepada semua petugas pengamanan, agar selalu memperlakukan WBP secara humanis.

"Mereka masuk di dalam Lapas bukan untuk disiksa akibat kasus pidana yang mereka lakukan. Tapi untuk dibina agar begitu bebas nanti mereka bisa jadi manusia yang lebih baik," ungkap Wayan.

Diketahui WBP Lapas Kelas IIB Nunukan didominasi kasus Narkotika.

(*)

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved