Pemindahan IKN

Wali Kota Se Indonesia Dukung Pembangunan IKN, Tutup Outlook Apeksi 2022 Lepas Merpati di Titik Nol

Wali Kota se Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN .

Editor: Sumarsono
HO
Wali Kota se Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur. Menandai penutupan Outlook Apeksi 2022, para Wali Kota melepas merpati di Titik Nol IKN Nusantara. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN – Wali Kota se Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya Sugiarto mengatakan, seluruh Wali Kota yang hadir di Balikpapan siap menjemput pusat baru peradaban Nusantara di Kalimantan Timur.

"Seluruh Wali Kota Insyaallah mendukung IKN dengan catatan pembangunan IKN juga menguntungkan seluruh Kalimantan. Sembilan Wali Kota harus dapat berkahnya juga," ungkap Bima Arya pada acara Outlook Apeksi 2022 di Balikpapan, Minggu (18/12/2022).

"Terimakasih kasih atas kebersamaannya. Tahun depan mungkin tidak semua dari kita akan kembali berkumpul. Namun siapapun yang ditunjuk nantinya bisa tetap melanjutkan apa yang diperjuangkan bersama," tambahnya.

Seperti diketahui 2023 beberapa Wali Kota akhir mengakhiri masa jabatan dan siap maju dalam Pilkada 2024.

Kegiatan Outlook Apeksi 2022 di Balikpapan berlangsung selama dua hari, 17 hingga 18 Desember 2022 berjalan dengan sukses.

Baca juga: Update Kasus Pencurian Alat Berat di Proyek IKN Nusantara, Pelaku Masih dalam Pengejaran

Outlook Apeksi 2023 berlangsung di dua tempar, yakni Kapal Tongkang HL 207 yang berlayar  di Teluk Balikpapa, dan Titik Nol IKN Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Staf Ahli Mendagri Togap Simangunsong mewakili Menteri Dalam Negeri menyampaikan apresiasi dan dukungan atas penyelenggaraan Outlook Apeksi 2022.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kegiatan nasional. Dengan sosialisasikan progres pembangunan IKN potensi kawasan pendukung terhadap seluruh pemerintah kota," kata Togap Simangunsong, pada Sabtu (17/12/2022).

IKN APeksi1
Sejumlah Wali Kota yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ( Apeksi ) mengunjungi Titik Nol Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur.

Dikemukakan, Kalimantan Timur memiliki kemampuan lahan terhadap konstruksi bangunan.

Pada lokasi yang akan dan minim bencana, serta lahan yang tersedia luas dan berstatus hutan produksi dan perkebunan.

"Apalagi dengan infrastruktur jalan tol Balikpapan-Samarinda. Juga trans Kalimantan, dan bandara di Balikpapan dan Samarinda.

Pelabuhan peti kemas Kariangau, Pelabuhan Semayang, juga ketersediaan air baku dari tiga waduk eksisting. Juga empat sungai dan empat daerah aliran sungai, serta berada dalam jalur ALKI II, selat Makassar," bebernya.

Ia menjelaskan, dengan lokasi yang strategis tersebut IKN dengan kota di sekitarnya akan mampu membangun sinergitas, untuk pembangunan ekosistem penggerak ekonomi di masa depan.

Baca juga: Alat Berat di Proyek Pembangunan IKN Nusantara Dicuri, Polda Kaltim akan Perbanyak Personel Jaga

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved