Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Dirangkai Pertunjukan Barongsai, Masyarakat Tarakan Padati Kelenteng Tao Pek Kong

Pertunjukan atraksi Barongsai oleh anak-anak binaan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kaltara dilaksanakan di Kelenteng Tao Pek Kong

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Perayaan malam pergantian Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) dirangkai dan ditutup dengan pertunjukan barongsai dan disaksikan masyarakat di Kelenteng Tao Pek Kong. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Puncak rangkaian ibadah ummat Konghucu di Kelenteng Tao Pek Kong Kota Tarakan menjelang malam pergantian Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) tadi malam, dihadirkan pertunjukan barongsai.

Barongsai menjadi tradisi setiap kali perayaan Imlek digelar.

Namun selama tiga tahun terakhir semenjak pandemic merebak, tak pernah lagi dilaksanakan.

Akhirnya setelah tiga tahun tak pernah dilaksanakan, Sabtu (21/1/2023) malam tadi, pertunjukan atraksi barongsai oleh anak-anak binaan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kaltara dilaksanakan di Kelenteng Tao Pek Kong

Karena selama tiga tahun tak pernah digelar, malam tadi klenteng diramaikan dan dipadati masyarakat yang antusias menonton pertunjukan.

Dikatakan Ketua Kelenteng Tao Pek Kong Tarakan, Ayi Diyanto yang juga menjabat Majelis Tinggi Agama Konghucu, sekaligus Ketua Harian Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kaltara, tahun ini dihadirkan kembali pertunjukan barongsai karena pemerintah juga sudah mencabut aturan PPKM.

“Masyarakat juga antusias dan senang dengan pertunjukan barongsai di klenteng.

Tiga tahun ditiadakan kemarin,” jelasnya.

Ummat Konghucu melaksanakan ibadah di malam puncak Perayaan Pergantian Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) malam tadi. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Ummat Konghucu melaksanakan ibadah di malam puncak Perayaan Pergantian Tahun Baru Imlek, Sabtu (21/1/2023) malam tadi. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

Baca juga: Rayakan Imlek 2023, Warga Tionghoa Nunukan Ibadah di Klenteng San Sen Kong, Harapan di Tahun Kelinci

Pertunjukan barongsai juga erat hubungannya dengan perayaan Tahun Baru Imlek.

Pertunjukan barongsai akan berlangsung dua hari yakni hari ini dan besok berkeliling di Kota Tarakan.

“Jadi selama dua hari berturut-turut door to door ke rumah masyarakat yang menyiapkan ampau di depan rumah mereka,” ujarnya.

Adapun pertunjukan barongsai malam tadi, dihadirkan dua pasang.

barongsai identik setiap perayaan Imlek termasuk di acara besar kepercayaan Konghucu, biasanya masyarakat masuk rumah baru ada rangkaian pertunjukan barongsai.

“Karena barongsai ini istilahnya olahraga, kalau klenteng tempat persembahan beribadah, sebetulnya, macan dan naga saling ada ikatan batin.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved