Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Sudah 18 Hari Sembakung Direndam Banjir Kiriman dari Malaysia, Pemkab Nunukan Bantu 2 Ton Beras

Pemda Nunukan telah memutuskan status tanggap darurat bencana alam banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/FELIS
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Nunukan distribusikan 2 ton beras kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Sembakung, Kalimantan Utara, Rabu (20/01/2021). TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Pemerintah Daerah (Pemda) Nunukan telah memutuskan status tanggap darurat bencana alam banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal itu tertuang dalam Keputusan Bupati Nunukan nomor 188.45/132/I/2021 tanggal 19 Januari 2021 tentang penetapan status tanggap darurat bencana alam banjir di Kecamatan Sembakung.

Banjir yang merendam 8 desa itu, terjadi sejak 2 Januari lalu, lantaran meluapnya sungai yang ada di negara tetangga, Malaysia.

Baca juga: Gegara Sungai di Malaysia Meluap, Banjir Rendam Sembakung Nunukan, Ratusan Hektar Padi Gagal Panen

Baca juga: UPDATE Tambah 37, Kasus Covid-19 Nunukan jadi 848, Jubir Satgas Sebut 270 Specimen Belum Diperiksa

Baca juga: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir, BMKG Nunukan Keluarkan Peringatan Dini Untuk 10 Kecamatan

Air yang sempat meninggi hingga 4,70 meter itu, kini mulai berangsur surut hingga 2,60 meter.

Informasi yang dihimpun, banjir kiriman Malaysia itu membuat sebanyak 948 rumah terendam banjir, dan 1.552 kepala keluarga (KK) serta 5.682 jiwa terdampak banjir.

Namun, hingga kini warga masih memilih untuk bertahan di rumah masing-masing.

Kondisi itu diperparah, lantaran rusaknya tanaman padi seluas 335 Ha yang merupakan sumber bahan makanan pokok warga Sembakung.

Banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), mulai surut hingga 4,25 meter, Senin (18/01/2021). (HO/ KSB Sembakung)
Banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), mulai surut hingga 4,25 meter, Senin (18/01/2021). (HO/ KSB Sembakung) (HO/ KSB Sembakung)

"Status tanggap darurat bencana alam banjir di Sembakung sudah diputuskan sejak kemarin. Dari BPBD Nunukan sudah bersurat kepada kami, untuk mendistribusikan beras ke sana.

Karena tanaman padi seluas 335 Ha rusak dan gagal panen. Padahal itu sumber makanan pokok warga di sana," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Nunukan, Masniadi kepada TribunKaltara.com, Rabu (20/01/2021), pukul 12.00 Wita.

Menurut Masniadi, pihaknya akan mendistribusikan 2 ton beras kepada warga Sembakung melalui BPBD Nunukan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved