Breaking News:

Sungai Malinau Tercemar

Polisi Bidik Barang Bukti PT KPUC, Imbas Sungai Malinau Tercemar hingga Rugikan Masyarakat

Tak tinggal diam saat Sungai Malinau tercemar hingga Rugikan Masyarakat, Polda Kaltara bidik PT KPUC, terjunkan tim investigasi cari barang bukti.

Kolase TribunKaltara.com / Mohamad Supri dan istimewa
Sungai Malinau tercemar limbah batu bara, polisi bidik barang bukti PT KPUC. (Kolase TribunKaltara.com / Mohamad Supri dan istimewa) 

TRIBUNKALTARA.COM - Tak tinggal diam saat Sungai Malinau tercemar hingga Rugikan Masyarakat, Polda Kaltara bidik PT KPUC, terjunkan tim investigasi cari barang bukti.

Tercemarnya Sungai Sesayap dan Sungai Malinau membuat masyarakat di Malinau, Kalimantan Utara ( Kaltara ), berhenti menikmati distribusi air bersih dari PDAM.

Pasokan air bersih dari Sungai Sesayap dan Sungai Malinau terganggu akibat tercemar limbah batu bara.

Terkait hal tersebut, polisi Polda Kaltara tak tinggal diam.

Polda Kaltara perintahkan Polres Malinau membidik PT KPUC.

Kuat dugaan penyebab Sungai Malinau tercemar karena jebolnya tanggul penampungan limbah batu bara milik perusahaan PT KPUC di Kolam Tuyak.

Jebolnya tanggul penampungan limbah PT KPUC juga merusak ekosistem di Sungai, tempat masyarakat Malinau menggantungkan hidup.

Ikan di sungai mati, limbah yang mencemari aliran sungai juga mengakibatkan bahan baku sumber air di PDAM di Malinau ikut tercemar.

Sungai Malinau Tercemar Limbah Tambang Batubara, Walhi Sebut Angkara Kalutnya Pengelolaan Tambang

Menanggapi kejadian ini, Polda Kaltara telah memerintahkan Polres Malinau untuk memulai penyelidikan ke PT KPUC.

"Kami sudah memerintahkan Polres Malinau untuk segera bentuk tim penyelidikan dan penyidikan, terkait kasus pencemaran sungai yang berasal dari jebolnya tanggul penampungan limbah PT. KPUC, yang juga menyebabkan PDAM berhenti beroperasi," ujar Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat, Kamis ( 11/2/2021).

Halaman
1234
Editor: Cornel Dimas Satrio
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved