Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Cuaca Laut  di Wilayah Kabupaten PPU Tak Menentu, Nelayan Dihimbau Perhatikan Kondisi Kapal

Kondisi bencana alam akhir-akhir ini banyak melanda di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Hal ini cukup memperihatikan.

TRIBUNKALTIM.CO
Situasi kondisi di Pesisir pantai Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU. 

TRIBUNKALTARA.COM, PENAJAM - Kondisi bencana alam akhir-akhir ini banyak melanda di beberapa daerah yang ada di Indonesia. Hal ini cukup memperihatikan pasalnya dampak bencana alam yang terjadi dapat merusak pemukiman atau menimbulkan kerugian materil bagi masyarakat.

Kondisi alam yang tidak bersahabat ini juga memiliki potensi terjadi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur hal ini disampaikan Kepala Badan Penangulanggan Bencana Daerah (BPBD) PPU, Marjani.

Meskipun potensi tak sebesar bencana yang terjadi di beberapa daerah Marjani menjelasakan bahwa bahwa potensi angin kencang dan hujan deras berpotensi terjadi di beberapa di wilayah PPU.

Baca juga: Ketinggian Air di Sungai Kayan di Tanjung Selor Kembali Normal, Petugas Tetap Lakukan Pantuan

"Kalau dari data BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) secara spesifik bencana besar di wilayah PPU sementara tidak ada, namun kondisi angin kecang dan hujan berpotensi terjadi," kata Marjani, Minggu (11/4/2021).

Pria yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Disdikpora) PPU ini juga menjelaskan bahwa wilayah yang berpotensi angin kecang dan hujan deras terjadi di dua wilayah yang ada di Kabupaten ini.

Baca juga: Tinggal Hari Ini, Baju Hingga Sepatu Bermerek Digelar di Tarakan, Nanti Malam Ada Harga Spesial

"Untuk wilayah Kecamatan Penajam dan Waru punya potensi itu, ini jadi perhatian kita untuk bisa lebih mengatisipasi yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Baca juga: Warga Minta Izin Bangun Kembali Rumahnya di Atas Lahan Inhutani, Gubernur Kaltara Zainal Diupayakan

Tak hanya itu Marjani juga mengimbau kepada nelayan untuk benar-benar memperhatikan keselamatan dalam melaut dalam kondisi cuaca saat ini.

"Kita tidak bisa melarang para nelayan kita, yang jelas kita hanya bisa menyampaikan potensi yang ada, dan berharap pada saat melaut untuk memperhatikan keselamatan pada saat melaut, seperti memeriksa kondisi mesin, dan membawa peralatan keselamatan. Dan bila kondisi cuaca tidak memungkin untuk menahan diri demi keselamatan," tutup Kepala BPBD PPU.

(*)

Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved