Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Penipuan Berkedok Beasiswa di Berau Makan Korban, Atasnamakan SMAN 1, Polisi Bongkar Modus Pelaku

Penipuan berkedok beasiswa di Berau makan korban, atasnamakan SMAN 1, minta rekening & arahkan korban ke ATM, polisi bongkar modus pelaku.

Editor: M Purnomo Susanto
internet
ilustrasi - penipuan 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG REDEB – Penipuan berkedok beasiswa di Berau makan korban, atasnamakan SMAN 1, minta rekening & arahkan korban ke ATM, polisi bongkar modus pelaku.

Polres Berau menerima laporan Kasus penipuan dengan modus mendapatkan beasiswa sekolah mengatasnamakan SMAN 1 Berau.

Kasat Reskrim Polres Berau, AKP Ferry Putra Samodra mengaku laporan tersebut masuk ke meja kerja Satreskrim Polres Berau, dan pihaknya masih mempelajari dan mendalami kasus tersebut.

Baca juga: Anak Sule dengan Mendiang Lina dalam Masalah, Dituding Terlibat Penipuan THR, Putri Delina Bereaksi

Baca juga: Taktik Licik Penipu Asal Jakarta Terbongkar Polda Bali, Mengaku Jenderal Polri, Minta Rp 500 Ribu

Baca juga: Jajaran Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim Polri Bongkar Sindikat Penipuan Rapid Test Internasional

“Kemarin dapat laporannya, sekitar pukul 20.00 Wita, ada dua korban yang melapor kejadian,” jelasnya kepada TribunKaltara.com, pada Rabu (9/6/2021).

Meski begitu, modus penipuan ini sudah sering terjadi, dengan modus yang sama melakukan telepon ke nomor korban. Dengan memberikan iming-iming tertentu. Setelah korban terpedaya, maka korban akan mengikuti kemauan pelaku.

“Modusnya rata-rata seperti itu, jadi korban biasanya dibuat panik, atau korban dijanjikan sesuatu, kemudian meminta nomor rekening korban dan mengarahkan ke ATM (Anjungan Tunai Mandiri),” bebernya.

Ferry menambahkan, pihaknya akan mendalami kasus ini, karena ada dugaan pelaku bukan orang Berau, Kasat juga mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap modus penipuan yang kerap terjadi dengan mengatasnamakan suatu instansi.

“Lebih baik di cek terlebih dahulu, apa benar mendapatkan hadiah atau hanya penipuan,” ungkapnya.

Sementara itu, dua orangtua siswa di SMA Negeri 1 Berau menjadi korban penipuan beasiswa yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Kepala SMA N 1 Berau.

Pada kesempatan yang berbeda, Murni, salah seorang korban mengakui, awalnya dia mendapatkan telepon dari nomor tidak dikenal, dan dijanjikan mendapatkan sejumlah uang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved