Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Rumah Sakit Pratama Sebuku Nunukan Belum Beroperasi, DPRD Kaltara Minta Pemerintah Serius

Gegara Rumah Sakit Pratama Sebuku Nunukan belum beroperasi anggota DPRD Kaltara Anto Bolokot meminta Pemprov Kaltara dan Pemda Nunukan serius.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Anggota DPRD Kaltara Anto Bolokot (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Anggota DPRD Kaltara Anto Bolokot meminta, Rumah Sakit Pratama yang ada di Kecamatan Sebuku, Nunukan bisa segera dioperasionalkan.

Menurutnya keberadaan rumah sakit tersebut dapat membantu masyarakat di sekitar wilayah Kabudaya.

Baca juga: Tetapkan 3 Rumah Sakit Pratama Kelas D, Pemkab Nunukan Ajukan Raperda Retribusi Pelayanan Kesehatan

Mengingat selama ini, warga Sebuku dan sekitarnya kerap dirujuk ke RSUD Malinau dan RSUD Nunukan yang lokasinya cukup jauh.

"Selama ini, masyarakat Kabudaya jika berobat, selalu ke RSUD Malinau atau diarahkan kembali ke RSUD Nunukan di Pulau Nunukan," ujar Anggota DPRD Kaltara, Anto Bolokot, Rabu (14/7/2021).

"Bayangkan jika pasien tersebut emergency, bisa-bisa meninggal di perjalanan, karena jarak tempuh yang jauh dan harus menyebrang laut.

Belum lagi bicara biaya yang tentu sangat besar jika ke Nunukan," tambahnya.

Politisi Golkar asal Nunukan ini mengungkapkan, secara fisik Rumah Sakit Pratama Sebuku telah siap, baik dari segi bangunan maupun alat-alat kesehatan.

Namun, alasan belum adanya dana operasional dari pemerintah, yang menyebabkan rumah sakit satu-satunya di wilayah Kabudaya itu belum beroperasi hingga kini.

"Ya kita minta pemerintah serius mengaktifkan Rumah Sakit Pratama, karena Alkes Rumah Sakit Pratama tersebut sudah tersedia, hanya SDM yang belum," katanya.

Baca juga: Program TMMD ke-111 Selesai, Dandim Nunukan Sebut Pembangunan Fisik Sudah Capai 100 Persen

Lebih lanjut, Anggota Komisi I DPRD Kaltara ini meminta, agar pihak Pemprov Kaltara dan Pemkab Nunukan dapat duduk bersama menyangkut masalah pembiayaan operasional rumah sakit.

"Terkait soal anggaran operasional kita harap kerjasama Pemda Nunukan dan Pemprov Kaltara, dan saya minta mereka harus duduk bersama terkait Rumah Sakit Pratama ini," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved