Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Hari Kesembilan Isoman, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang dan Istri, Tak Tunjukan Gejala Covid-19

Memasuki hari kesembilan menjalani masa Isolasi Mandiri, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang tidak menunjukan gejala Covid-19.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HO-Dicky
Gubernur Kaltara Zainal Paliwang saat membuka acara Festival Aco Lundayeh secara virtual dari rumah jabatan pada Jumat (16/7/2021) lalu. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Memasuki hari kesembilan menjalani masa Isolasi Mandiri, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang tidak menunjukan gejala Covid-19.

Bahkan, menurut Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, berdasarkan hasil test PCR pada Sabtu lalu, Gubernur Zainal Paliwang telah dinyatakan negatif Covid-19. Hal ini ia ungkapkan saat dihubungi melalui pesan singkat, Minggu (18/7/2021).

"Kemarin pengambilan sampel, dan hasil PCR Pak Gubernur sudah negatif," ujar Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy.

Baca juga: Kabar Baik, Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Sebut Gubernur Zainal dan Istri Dinyatakan Negatif Corona

Menurut Agust, tanpa pengambilan sampel, Gubernur Kaltara Zainal Paliwang beserta sang Istri Rachmawati, akan dinyatakan sembuh dari virus corona.

Lantaran selama menjalani isolasi mandiri, keduanya tidak menunjukan gejala Covid-19 serta dalam kondisi tubuh yang sehat.

Baca juga: Ada 39 Orang yang Kontak Erat Gubernur Kaltara Zainal Paliwang, Usai Dinkes Bulungan Lakukan Tracing

Hal tersebut mengacu pada Keputusan Menkes No. HK 01.07/Menkes/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Untuk dinyatakan sembuh kami menggunakan pedoman ini, jadi kalau tanpa gejala setelah 10 Hari pengambilan spesimen akan dinyatakan sembuh," katanya.

Gubernur Kaltara Zainal Paliwang dan Istri Rachmawati saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Kaltara Jalan Enggang, Tanjung Selor, Minggu (11/7/2021).
Gubernur Kaltara Zainal Paliwang dan Istri Rachmawati saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Kaltara Jalan Enggang, Tanjung Selor, Minggu (11/7/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Sebenarnya tanpa tes PCR pun, tetap akan dinyatakan sembuh karena Pak Gub dan Ibu tanpa gejala, dan selalu dalam kondisi sehat," tambahnya.

Terkait staf dan ajudan yang berada di rumah jabatan, yang juga ikut terpapar Covid-19.

Baca juga: Gubernur Kaltara dan Istri Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Jabatan

Pihaknya menyerahkan pemantauan kepada Dinkes Bulungan, namun apabila tidak menunjukan gejala hingga hari kesepuluh, akan dinyatakan sembuh.

"Semuanya akan dipantau oleh Dinkes Bulungan, mungkin hari ini atau paling lambat besok, jika semuanya tanpa gejala maka sampai 10 hari akan dinyatakan sembuh," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved