Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Tak Layani PCR untuk Syarat Perjalanan, Dinas Kesehatan Kaltara: Sampel yang Masuk Semakin Banyak

Laboratorium Bio Safety Level 2 atau BSL-2 milik Dinkes Kaltara tidak melayani tes polymerase chain reaction atau PCR untuk syarat perjalanan.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Laboratorium PCR dengan standar biosafety level 2, bertempat di Dinas Kesehatan Kaltara, Tanjung Selor. Laboratorium Bio Safety Level 2 atau BSL-2 milik Dinkes Kaltara tidak melayani tes polymerase chain reaction atau PCR untuk syarat perjalanan. ( TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI ) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Dinas Kesehatan Kaltara memastikan hingga saat ini, Laboratorium Bio Safety Level 2 atau BSL-2 milik Dinkes Kaltara tidak melayani tes polymerase chain reaction atau PCR untuk syarat perjalanan.

Menurut Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinkes Kaltara, yang juga Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, dengan semakin tingginya kasus Covid-19 di Kaltara, maka sampel yang berasal dari suspek dan kontak erat juga semakin banyak.

Baca juga: Polres Tarakan Ungkap Pemalsuan Surat PCR di Bandara, Jubir Satgas Covid-19 Kaltara: Pasti Ketahuan

Selain itu, dengan terbatasnya kapasitas pemeriksaan Laboratorium BSL-2 maka
pihaknya lebih mengutamakan pemeriksaan sampel untuk suspek atau kontak erat Covid-19.

"Kalau untuk syarat perjalanan sebenarnya dibolehkan, tapi kami lebih mementingkan sampel suspek dan kontak erat karena semakin banyaknya kasus yang ada," kata Agust Suwandy, Selasa (27/7/2021).

"Sampel yang masuk semakin banyak, padahal kapasitas kita sehari periksa 130-an, yang masuk bisa 400-an.

Apalagi kalau masuk dari Malinau, Tana Tidung dan Bulungan itu bisa sampai 500-an," tambahnya.

Menurutnya, bila terjadi penumpukan atau penundaan antrean sampel, maka berdampak pada semakin luasnya penyebaran kasus Covid-19.

Laboratorium PCR Biosafety Level 2, Untuk Uji Sampel Covid-19, bertempat di Dinas Kesehatan Kaltara, Tanjung Selor, Selasa (5/1/2021) ( TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI )
Laboratorium PCR Biosafety Level 2, Untuk Uji Sampel Covid-19, bertempat di Dinas Kesehatan Kaltara, Tanjung Selor, Selasa (5/1/2021) ( TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI ) (TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Makanya kami mengambil kebijakan untuk tidak menerima PCR dari perjalanan dinas, karena kalau kita masukan juga, akan semakin banyak sampel yang tertunda, kalau tertunda dampaknya kasus semakin meluas," terangnya.

Pihaknya pun menyarankan bagi warga Bulungan yang membutuhkan tes PCR untuk syarat perjalanan untuk menuju laboratorium PCR yang terdaftar dalam jaringan laboratorium Kemenkes RI.

"Untuk di Bulungan, sementara ini kita arahkan ke rumah sakit di Tarakan itu, atau bisa ke Berau di sana juga ada klinik yang terdaftar," terangnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved