Breaking News:

OPINI

Peran Perguruan Tinggi Dalam Sinergi n-Helix untuk Indonesia Unggul dan Inovatif

Perguruan tinggi merupakan center of excelent (pusat ilmu pengetahuan dan teknologi) dan merupakan bagian terpenting dalam sinergi n-Helix.

Editor: Sumarsono
DOK PRIBADI
Dr. Isradi Zainal, Rektor Universitas Balikpapan/Sekjen FDTI 

Oleh: Dr. Isradi Zainal

Rektor Uniba/Sekjen FDTI/Wakil ketua BKM Persatuan Insinyur Indonesia (PII)

TRIBUNKALTARA.COM –  Perguruan tinggi merupakan center of excelent (pusat ilmu pengetahuan dan teknologi) dan merupakan bagian terpenting dalam sinergi n-Helix (triple helix, quadraple helix, pentahelix, dll).

Perguruan tinggi memiliki sumber daya manusia dan sejumlah hal yang mampu menghasilkan inovasi di berbagai bidang yang bisa membantu pemerintah dan industri dalam menjawab tantangan dan kebutuhan.

Peran Tri Dharma Perguruan Tinggi juga menuntut kampus untuk senantiasa melakukan pendidikan, pengajaran, penelitian dan Pengabdian masyarakat untuk Indonesia maju, tumbuh dan tangguh.

Baca juga: Sinergi Pentahelix dalam Menangani Pandemi Covid-19

Munculnya konsep n-Helix didasarkan pada tuntutan jaman dan industri yang terus berkembang yang diawali dengan konsep Triple Helix yang muncul karena  adanya kebutuhan interaksi antara kampus, pemerintah dan industri yang semakin erat.

Konsep Triple Helix pertama kali diperkenalkan oleh Henry Etkowits dan Loet laydessdorf (1995).

Konsep ini lalu dikembangkan oleh Gibbons at al dalam the New Production of Knowledge dan Nowonty at al dalam Rethinking Sciences.

Etkowits (2007) menyatakan dalam karya ilmiahnya  The Triple Helix Model of Innovation and Motivation: University is not only critical to the commercial transformation of knowledge, but also to create space for knowledge, assembling and innovation.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem: Hakteknas ke-26 Jadi Momentum Tumbuhkan Kepercayaan Diri Bangsa Indonesia

Konsep Triple Helix banyak dipakai di negara maju dalam perkembangan science dan teknologi melalui kerjasama univeritas dan pemerintah dan industri untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved