Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Satu Tersangka Sianida Ilegal Berhasil Ditangkap Polres Bulungan, Polisi Masih Kejar Pelaku Lain

Polres Bulungan berhasil mengamankan seorang tersangka yang terlibat dalam perdagangan sianida ilegal di Sekatak, Bulungan, Kalimantan Utara.

TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Wakapolres Bulungan Wiliam Sitorus dan Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini saat memberikan keterangan pers terkait perdagangan sianida ilegal di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Polres Bulungan berhasil mengamankan seorang tersangka yang terlibat dalam perdagangan sianida ilegal di Sekatak, Bulungan, Kalimantan Utara.

Sianida ilegal ini erat kaitannya dengan proses pemurnian emas hasil tambang ilegal di wilayah Sekatak.

Menurut Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, saat tersangka berinisial N diamankan di Sekatak, di saat yang bersamaan turut diamankan barang bukti berupa 27 Drum Sianida, dan 2 Unit Tong pengolahan emas serta barang bukti lainnya.

Adapun pemilik usaha ilegal pemurnian emas berinisial M, masih dalam pelarian dan kini masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO Polres Bulungan.

"Kami berhasil amankan 1 orang tersangka dengan inisial N, alamat di Sekatak Bulungan," kata Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Rabu (18/8/2021).

"Ada 1 Orang DPO inisial M, jadi N ini disuruh M untuk melakukan aktivitas ilegal ini, penyidik kami masih mengejar DPO dan mendalami kasus ini," tambahnya.

Menurut Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini, tersangka N hanyalah teknisi dan orang kepercayaan pemilik M, sehingga pihaknya masih akan mendalami kasus tersebut.

"Kita cari tahu DPO terlebih dahulu, karena yang tahu itu DPO, dan yang kita amankan itu hanya teknisi dan kita juga akan dalami alur distribusi sianida ini," katanya.

Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Wakapolres Bulungan Wiliam Sitorus dan Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini saat memberikan keterangan pers terkait perdagangan sianida ilegal di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi)
Kapolres Bulungan AKBP Ronaldo Maradona, Wakapolres Bulungan Wiliam Sitorus dan Kasatreskrim Polres Bulungan Iptu Muhammad Khomaini saat memberikan keterangan pers terkait perdagangan sianida ilegal di Mapolres Bulungan, Rabu (18/8/2021) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi) (TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi)

Baca juga: Polres Bulungan Amankan 27 Drum Sianida, AKBP Ronaldo Maradona tak Main-main dengan Tambang Ilegal

Terkait 27 Drum sianida yang berhasil diamankan pihak kepolisian, disebut mampu menjadi bahan pengolahan pemurnian emas untuk dua kali pengolahan.

"1 Drum itu sekitar 25 Kilogram, ini untuk sekali proses pengolahan butuh 10 Drum, jadi ini bisa 2 proses pengolahan pemurnian," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved