Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Lima Acara Pernikahan di Kota Tarakan Dibatalkan, Gegara PPKM Level 4 Diperpanjang

PPKM Level 4 di Tarakan perpanjangan ketiga kalinya berlaku di 9 Agustus 2021 sampai dengan 23 Agustus 2021.Lima pernikahan dibatalkan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Berbagai kegiatan pendekatan secara persuasive Tim Satgas Penanganan Covid-19 kepada warga yang ingin menggelar hajatan di masa PPKM Level 4. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Sejak 9 Agustus 2021, Instruksi Mendagri (Inmendagri) turun dari pusat kepada Kota Tarakan untuk kembali memperpanjang PPKM Level 4.

Itu perpanjangan ketiga kalinya berlaku di 9 Agustus 2021 sampai dengan 23 Agustus 2021. Dua minggu pelaksanaan PPKM Level 4, Wali Kota saat itu sedikit tegas. Khususnya di acara pernikahan.

Kala itu pernikahan hanya bisa dihadiri 25 persen tamu undangan untuk acara akad nikah. Sementara acara resepsi pernikahan tidak diperbolehkan.

Baca juga: PPKM Level 4 Tarakan Kembali Diperpanjang, Wali Kota Khairul: Kafe Boleh Buka Sampai Pukul 10 Malam

Selama dua minggu pelaksanaan patroli, Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan melakukan pendekatan persuasif kepada keluarga pasangan mempelai yang ingin melaksanakan resepsi.

Dikatakan Kepala Satpol PP Tarakan, Hanip Matiksan yang juga tergabung dalam tim satgas, ada lima kasus pernikahan warga Tarakan yang ingin menggelar resepsi usai akad nikah terpaksa dibatalkan.

Baca juga: Aturan Baru PPKM Level 4 di Luar Jawa-Bali, Tempat Ibadah hingga Mall Boleh Buka, Berikut Syaratnya

Ini demi penerapan PPKM Level 4 mengingat dalam Inmendagri, Instruksi Gubernur Kaltara dan Surat Edaran Wali Kota Tarakan melarang acara resepsi.

Adapun acara akad hanya boleh dilakukan di KUA masing-masing kecamatan. “Sesuai yang kami rapatkan dan tetapkan juga. Pernikahan boleh di KUA. Resepsinya sendiri apakah itu mau di gedung,di hotel atau di rumah tidak diperkenankan,” tegasnya.

Berbagai kegiatan pendekatan secara persuasive Tim Satgas Penanganan Covid-19 kepada warga yang ingin menggelar hajatan di masa PPKM Level 4.
Berbagai kegiatan pendekatan secara persuasive Tim Satgas Penanganan Covid-19 kepada warga yang ingin menggelar hajatan di masa PPKM Level 4. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Di KUA sendiri maksimal diisi yang hadir hanya 30 orang, itu pun sudah terdiri dari penghulu, wali, orang tua dan keluarga inti.

Ia melanjutkan alasan tak boleh diadakan resepsi selama PPKM Level 4 karena berpotensi mengundang orang banyak.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Satpol PP Tarakan Lakukan Evaluasi Tiga Minggu, Masih Temukan Pelanggaran

“Mengundang kerumunan tentunya. Sehingga itu menjadi pertimbangan kami,” bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved