Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

UMKM Pujasera Tanjung Selor Sedih, Selama PPKM Pengunjung Sepi, Berharap Sewa Kios Bisa Diturunkan

Selama pandemi Covid-19, terutama saat PPKM, pujasera yang berletak di Jalan Katamso No.48 Tanjung Selor, Bulungan sepi dari pengunjung.

Tribun Kaltara
Saharudin atau Udin, selaku Ketua Paguyuban Pedagang Pujasera Tanjung Selor menunjukkan kondisi kios di pujasera yang sepi pengunjung saat pandemi. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Selama pandemi Covid-19, terutama saat PPKM, pujasera yang berletak di Jalan Katamso No.48 Tanjung Selor, Bulungan sepi dari pengunjung.

Biasanya pujasera yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman tersebut mulai terasa ramai pukul 10.00 Wita sampai 22.00 malam.

Berkurangnya pengunjung akibat imbas dari pandemi Covid-19, terutama saat kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“ Bukan lagi 50 persen, penurunan pengunjung sudah mencapai 75 persen dibanding hari-hari sebelum pandemi,” ujar Ketua Paguyuban Pujasera Tanjung Selor, Saharudin alias Udin kepada TribunKaltara.com, Kamis (26/08/2021).

Baca juga: Curhat Pedagang Ikan di Pasar Tanjung Selor, Harga Ikan Nelayan Naik, Selama Pandemi Sepi Pembeli

"Ya bisa lihat sendiri biasanya siang begini sudah ramai pembeli, apalagi penjual sate pentol-pentolan ini. Nah selama pandemi sampai malam sepi nggak ada pengunjung," tegasnya.

Akibat dampak pandemi covid-19, para pedagang di pujasera kehilangan sumber pemasukan utama ekonomi mereka. Bahkan sebagan pedagang memilih tutup toko.

"Masih ada sekitar 40 pedagang tetap bertahan yang jualan pakaian, parfum, sama pentolan ini pak, biasanya jam 4 begini sudah ramai semua ini sampai nanti malam," ungkapnya saat ditemui TribunKaltara.com.

Baca juga: Pedagang Pisang di Nunukan Maju jadi Calon Kades Termuda, Miliki 5 Visi dan Tantang Calon Petahana

Selain sepi pengunjung, para pedagang juga mengeluhkan mahalnya sewa lahan pujasera yang bervariasi mulai Rp 1 juta untuk tenda dan Rp 2,5 juta hingga Rp 2,7 juta per -tahun untuk kios..

Mengenai, iuran sewa lapak, Saharudin selaku ketua pengurus paguyuban pasar pujasera telah melakukan pertemuan dengan Kepala Disperindakop Pemprov Kaltara meminta keringanan uang sewa.

"Saya kemarin bilang, tolong pak masalah pajak (sewa) jangan ditekan dulu, karena keadaan begini (Covid-19). Jangankan membayar, untuk makan saja susah, ya akibat nggak ada pembeli," bebernya.

Baca juga: Imbas PPKM Level 4, Jualan Sepi Pedagang Bakso di Nunukan Terpaksa Berhentikan 3 Karyawannya

Diakui, beberapa waktu lalu para pedagang di pujasera ini mendapat bantuan sembako dari Polda Kaltara.

"Alhamdulliah kami dapat bantuan dari Bapak Kapolda Kaltara pada 18 Agustus lalu. Kami semua berterima kasih," ujarnya.

(*)

Penulis : Georgie Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved