Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Bupati Bulungan Syarwani Rencanakan Produk Makanan dan Minuman UMKM Dipasarkan ke Brunei Darussalam

Bupati Bulungan Syarwani rencanakan produk makanan dan minuman lokal dari olahan UMKM Bulungan dipasarkan ke Brunei Darussalam.

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Bupati Bulungan Syarwani. (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Bupati Bulungan Syarwani rencanakan produk makanan dan minuman lokal dari olahan UMKM Bulungan dipasarkan hingga ke Brunei Darussalam.

Bupati Syarwani, menceritakan kepada TribunKaltara.com, bahwa beberapa waktu lalu menerima tamu undangan dari Koperasi Bumi Putra Brunei Berhad, asal Negara Brunei Darussalam, di Ruang Kantor Kerjanya.

Baca juga: Hasil Uji Kompetensi JPT Pratama Pemkab Bulungan Sudah Ada, Bupati Syarwani: Langkah Penyegaran

"Ya kemarin, saya ketemu dan silahturahmi dengan Ketua Asosiasi UMKM Kalimantan Utara dan kita memiliki potensi dan mendorong pelaku UMKM di Bulungan," jelasnya Rabu (15/09/2021).

'Ini karena ada peluang, memasarkan ke Brunei, dan bahkan akan direncanakan pesawatnya itu langsung kargo, dari Tanjung Selor menuju Brunei Darussalam," ungkap Bupati Bulungan Syarwani.

Syarwani menambahkan juga, produk lokal yang akan dipasarkan, di Brunei Darussalam adalah makanan dan minuman lokal Bulungan.

"Cuman itu harus, disertai dengan sebuah, pemenuhan persyaratan, terutama sertifikasi Halal, yang menyangkut kehigenitas, dan bentuk kemasan," tuturnya.

Lebih lanjut, Syarwani sudah memerintahkan kepada jajarannya di Dinas Perindagkop Kabupaten Bulungan, agar menyampaikan kepada pelaku UMKM supaya meningkatkan seleksi kualitas produk lokal, mereka untuk bisa mendapat tempat dipasarkan di Brunei Darussalam.

Sementara itu, Syarwani menekankan kendala yang saat ini, dihadapi adalah belum terbentuknya Asosiasi UMKM Kabupaten.

Baca juga: Jelang Kedatangan Presiden Joko Widodo, Bupati Bulungan Syarwani Instruksikan Kebut Perbaikan Jalan

"Mudah-mudahan ini menjadi PR kita, teman-teman Disperindagkop, paling tidak pendataan kita, terhadap pelaku UMKM ini kita bisa bentuk wadah, berkaitan pemasaran produk-produk UMKM itu sendiri kan bisa, di koordinasikan melalui keberadaan asosiasi, ataupun paguyuban UMKM itu sendiri," ujar Bupati Bulungan Syarwani kepada TribunKaltara.com.

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Jangan Lupa Like Fanpage Facebook TribunKaltara.com

Follow Twitter TribunKaltara.com

Follow Instagram tribun_kaltara

Subscribes YouTube Tribun Kaltara Official

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved