Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

KRI Bima Suci Tiba di Tarakan, Keliling Indonesia Selama 99 Hari, Bawa Taruna & Taruni AAL

KRI Bima Suci akhirnya tiba di Tarakan pukul 08.30 WITA, Kamis (16/9/2021) hari ini. Bawa taruna dan taruni AAL selama 99 hari keliling Indonesia.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Kedatangan para Taruna dan Taruni AAL saat tiba bersama KRI Bima Suci di dermaga Pelabuhan Lantamal XIII Mamburungan Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKANKRI Bima Suci akhirnya tiba di Kota Tarakan sekitar pukul 08.30 WITA, Kamis (16/9/2021) hari ini.

Kedatangan KRI Bima Suci bernomor lambung 945 dalam rangka membawa Taruna dan Taruni Akademik Angkatan Laut (AAL) yang berlayar mengelililingi seluruh wilayah di Indonesia.

KRI Bima Suci 945 ini mulai dibuat di galangan kapal Freire Shipyard di Vigo, Spanyol pada tahun 2016.

Baca juga: Batal Berlayar ke Rusia, KRI Bima Suci Bawa 89 Taruna AL Berlabuh di Dermaga Posal Sebatik Nunukan

KRI Bima Suci diluncurkan pada 18 September 2017 dan memiliki panjang 111,20 meter, lebat 13,65 meter, dan draft 5,95 meter dengan kecepatan 12 knot dengan mesin, dan 15 knot dengan layar.

Dalam rute pelayaran, keistimewaan dari KRI Bima Suci, terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih.

Kemudian ada juga instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat koulmunikasi dan data digitalnya.

Baca juga: Danrem 092 Maharajalila dan Pangkoarmada II Sambut KRI Bima Suci di Dermaga Lantamal XIII Tarakan

KRI Bima Suci ini merupakan kapal layar latih pengganti kapal legendaris, KRI Dewa Ruci yang sudah beroperasi sejak 1953.

KRI Bima Suci masuk dalam jajaran TNI Al sebagai kapal layar latih Akademi Angkatan Laut (AAL) di bawah komando Koarmada II Surabaya.

KRI Bima Suci-945 dikomandani Letkol Laut Pelaut Waluyo dan membawa 88 Taruna dan Taruni AAL Tingkat III Angkatan ke-68.

Kedatangan para Taruna dan Taruni AAL saat tiba bersama KRI Bima Suci di dermaga Pelabuhan Lantamal XIII Mamburungan Kota Tarakan.
Kedatangan para Taruna dan Taruni AAL saat tiba bersama KRI Bima Suci di dermaga Pelabuhan Lantamal XIII Mamburungan Kota Tarakan. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

Pelayaran operasi Bima Suci dilaksanakan dalam rangka mendukung latihan praktek Kartika Jala Krida (KJK) Taruna Taruni AAL TK III Angkatan ke-68 dan dijadwalkan berlayar selama 99 hari berkeliling Nusantara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved