Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Ingin Bantu Masyarakat Bulungan, Klinik Kasih Bunda Buka Pelayanan Tes PCR bagi Pelaku Perjalanan

Berlokasi di Jalan Jelarai 40, Tanjung Selor, Klinik Utama Kasih Bunda kini sudah melayani tes rapid antigen dan PCR bagi pelaku perjalanan.

tribunkaltara.com
Klinik Utama Kasih Bunda Berlokasi di Jalan Jelarai 40, Tanjung Selor, kini sudah melayani tes rapid antigen PCR dengan hasil bisa ketahui kurang dari 24 jam. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR -  Berlokasi di Jalan Jelarai 40, Tanjung Selor, Klinik Utama Kasih Bunda kini sudah melayani tes rapid antigen PCR dengan hasil bisa ketahui kurang dari 24 jam.

"Peralatannya punya sendiri, mulai mesin sampai lemari alat PCR khusus, yakni Biological Safety Cabinet (BSE) buat kita campur dari Viral Transport Media (VTM) ke reagen, lalu diekstraksikan ke lemari BSE," kata Merry Kurniawati, pemilik Klinik Kasih Bunda.

Dalam sehari Klinik Kasih Bunda bisa melayani 40 pasien yang akan tes PCR dan Rapid Antigen untuk keperluan perjalanan.

"Lemari khusus (BSE) ada level 1,2,3 untuk sampel VTM sama reagen, disimpan jadi satu tempat. Kalau express 6 jam, medium 12 jam, cara kerjanya berbeda dan harus satu-satu sampelnya.

Baca juga: Tes Covid-19 Berbayar, Bupati Bulungan Kaji Kembali Swab Antigen dan PCR bagi Peserta SKD CPNS

Kalau reguler kita kumpulin dulu, semua sampelnya baru di-observasi seluruhnya," ujar Merry kepada TribunKaltara.com, Jumat (17/09/2021).

Proses observasi sampel VTM dan reagen pasien, Klinik Kasih Bunda dikerjakan 2 Analis Spesialis Patologi Klinik secara bergantian.

Klinik Utama Kasih Bunda kini sudah melayani tes rapid antigen PCR dengan hasil bisa ketahui kurang dari 24 jam.
Klinik Utama Kasih Bunda kini sudah melayani tes rapid antigen PCR dengan hasil bisa ketahui kurang dari 24 jam. (tribunkaltara.com)

"Patologi klinik ada 2, satu penanggung jawab, satu konsulen dari dokter rumah sakit dan hasilnya diinterpretasikan dokter patalogi klinik, jadi kita dapat dari analis, lalu dikonsulkan ke dokternya dulu, baru kita keluarkan hasilnya," terangnya.

Persyaratan calon pasien untuk mengikuti PCR serta Rapid Antigen, Rapid AntiBodi membawa KTP dan sudah kartu vaksin tahap 1, 2.

"Bawa KTP dan Kartu Vaksin, dan dia harus download dulu PeduliLindungi, kalau tidak kita layani manual buat pedulilindungi, dan tidak perlu paper list," ungkapnya.

Lanjut Merry, Klinik Bunda Kasih dulu hanya melayani screening mandiri pasien, sekarang sudah punya surat perizinan dari LitbangKes RI.

Baca juga: Klinik di Bulungan Sudah Layani Tes PCR, Dinkes Kaltara Sebut Sudah Lulus Uji Validasi Litbangkes

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved