Berita Tarakan Terkini

Divonis Enam Bulan, Iwan Setiawan Hormati Keputusan Hakim, Sebut Perkaranya Kritik Membangun

Sidang putusan PN Tanjung Selor terkait kasus pencemaran nama baik mantan Gubernur Kaltara telah diputuskan. Tergugat dalam hal ini Iwan Setiawan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI PRIBADI
Iwan Setiawan yang juga saat ini menjabat sebagai Dirut Perumda Air Tirta PDAM Alam Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Sidang putusan PN Tanjung Selor terkait kasus pencemaran nama baik mantan Gubernur Kaltara telah diputuskan. Tergugat dalam hal ini Iwan Setiawan ditetapkan bersalah.

Meski divonis bersalah Iwan Setiawan berdasarkan putusan hakim tidak menjalani hukuman dan hanya menjalani masa percobaan selama enam bulan.

Dikatakan Iwan Setiawan selaku tergugat, pihaknya menghormati keputusan hakim.

Baca juga: Penasehat Hukum Iwan Setiawan Jelaskan Alasan Kliennya Tidak Ajukan Banding

“Saya rasa ini tidak perlu dijalani artinya hanya percobaan. Namanya masih dicoba dan saya masih bisa bekerja dan tidak perlu menjalani hukuman,” beber Iwan Setiawan.

Ia melanjutkan, tidak perlu menjalani hukuman adalah keputusan yang disampaikan pihak pengadilan.

Baca juga: Kelanjutan Kasus Iwan Setiawan, Jaksa Penuntut Umum Ajukan Banding Putusan Majelis Hakim

“Kecuali ada ketetapan pengadilan yang lain, itu baru menjalani hukuman. Artinya saya rasa ini jalan tengah semuanya baik,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menegaskan kasus yang melibatkannya memang murni kasus politis dan taka da maksud melakukan penghinaan terhadap penggugat.

Iwan Setiawan
Iwan Setiawan (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

Kritik yang ia sampaikan dan diperkarakan adalah mengarah pada kritikan yakni kritikan membangun bagaimana Kaltara menjadi lebih baik.

“Yang jelas ini adalah jalan tengah yang baik dan saya rasa jaksa juga sudah mempertimbangkan apa namanya, bahwa kasus ini murni kasus politis sebenarnya. Kasus yang dipaksakan karena apa yang saya tulis murni kritikan,” tegasnya.

Baca juga: Direktur PDAM Tarakan Divonis 3 Bulan Penjara, Wali Kota Tarakan Khairul Sikapi Kasus Iwan Setiawan

Sebelumnya diberitkan, terdakwa kasus pencemaran nama baik dengan korban Mantan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, yakni Iwan Setiawan dinyatakan bersalah.

Keputusan ini dibacakan oleh Ketua Majelis Hakim Fajar Nuriawan dalam pembacaan putusan persidangan dengan perkara Nomor 1/Pidsus/2021/PN Tjs, di Ruang Sidang Cakra, PN Tanjung Selor, Kamis (2/9/2021) lalu.

Dalam putusan, Dirut PDAM Tarakan ini dijatuhi hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp 10 Juta subsider kurungan 1 bulan.

Namun, Majelis Hakim menyatakan bila Iwan Setiawan tidak perlu menjalani pidana tersebut, bila sepanjang masa percobaan selama 6 bulan ke depan Iwan Setiawan tidak melakukan tindak pidana.

Baca juga: JPU Keberatan Vonis Majelis Hakim PN Tanjung Selor Kepada Iwan Setiawan, Fajar:Kami Bawa ke Pimpinan

Sebelum putusan dibacakan, pihak Majelis Hakim juga memberikan pertimbangan yang meringankan kepada terdakwa Iwan Setiawan.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved