Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Saksi Lihat Asal Api dari Atap Bangunan, Kapolsek Samarinda Ulu Diduga Penyebab Korsleting Listrik  

Usai mengambil keterangan dari saksi, termasuk korban kebakaran, Polsek Polsek Samarinda Ulu menduga penyebabnya korsleting listrik.

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO/ HO-Polsek Samarinda Ulu
Kapolsek Samarinda Ulu, AKP Zainal Arifin saat memberikan dukungan kepada para korban terdampak kebakaran di Jalan KS Tubun, Gang Jabal Noor 2, Samarinda Ulu, Rabu (29/9/2021) pukul 23.50 WITA semalam. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Usai mengambil keterangan dari saksi, termasuk korban kebakaran, Polsek Polsek Samarinda Ulu menduga penyebabnya korsleting listrik.

Diketahui, kebakaran di Jalan KS Tubun, Gang Jabal Noor 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Rabu (29/9/2021) malam tadi membuat dua bangunan hangus terbakar. 

Baca juga: Dua Bangunan di Kota Samarinda Hangus Terbakar, Enam Orang Kehilangan Tempat Tinggal 

Kapolsek Samarinda Ulu, AKP Zainal Arifin mengungkapkan,  keterangan beberapa korban, awal api terlihat dari dari atap salah satu  kontrakan bangunan tersebut.

Apalagi, salah satu penghuni kontrakan adalah seorang anggota Polisi dari Polsek Samarinda Ulu.

Baca juga: Temui Korban Kebakaran di Tarakan, Gubernur Kaltara: Kita Wajib Menolong Warga yang Ditimpa Musibah

"Jadi menurut keterangan anggota kami tersebut, apinya menetes seperti rintik hujan dari atap kontrakan," ujarnya.

Bahan bangunan yang terbuat dari material kayu membuat api dengan cepat membesar.

Api yang melahap 2 bangunan di KS Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu berhasil dipadamkan pukul 00.30 WITA, Kamis (30/9/2021)
Api yang melahap 2 bangunan di KS Tubun, Gang Jabal Nur 2, RT 09, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu berhasil dipadamkan pukul 00.30 WITA, Kamis (30/9/2021) (TRIBUNKALTIM.CO/ HO-Disdamkar Kota Samarinda)

"Hampir semua penghuni (kontrakan yang terbakar) sudah terlelap. Nah anggota kami ini tersadar dan menyadari ada percikan api. Jadi Dia langsung membangunkan penghuni lain sehingga korban jiwa bisa dihindari," bebernya.

Ia menambahkan, kondisi bangunan memang merupakan bangunan lama yang sudah berusia sekitar 50 tahunan.

Baca juga: Kunjungi Lokasi Kebakaran Malinau Hilir, Bupati Janji Permudah Urus Dokumen Kependudukan Bagi Korban

Oleh sebab itu, lanjutnya, mengingat saat ini banyak musibah kebakaran yang disebabkan oleh hubungan arus pendek, maka Ia mengimbau agar masyarakat bisa melakukan perawatan secara berkala terhadap aliran listrik di rumah masing-masing.

"Apalagi bangunan lama dan material kayu. Selalu juga gunakan kabel listrik sesuai standar yang aman. Jadi selain waspada, kita juga harus mencegah penyebab musibah kebakaran itu sendiri," tegasnya.

(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved