Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Hadapi Era Digitalisasi di Masa Pandemi, Wabup Nunukan Akui UMKM Gunakan E-Commerce Pasarkan Produk

Hadapi era digitalisasi di masa pandemi Covid-19, Wabup Nunukan Hanafiah akui UMKM gunakan E-Commerce pasarkan produk.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis
Wakil Bupati Nunukan, Hanafiah dalam talkshow virtual HUT ke-22 Kabupaten Nunukan degan tema 'Bangkit Bersama Pulihkan Ekonomi'. Tangkapan layar handphone melalui kanal YouTube @Tribun Kaltara Official, Rabu (13/10/2021), siang. 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Hadapi era digitalisasi di masa pandemi Covid-19, Wabup Nunukan Hanafiah akui UMKM gunakan E-Commerce pasarkan produk.

Pandemi Covid-19 ini membuat hampir semua aktivitas manusia bersentuhan dengan jaringan internet. Bahkan komunikasi sekalipun disarankan melalui virtual.

Pandemi Covid-19 juga berpengaruh pada aktivitas perdagangan. Dikutip dari Jakarta.Kompas.com, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Nurwan mengatakan perkembangan e-commerce saat ini diiringi dengan peluang serta tantangan.

Baca juga: Talkshow TribunKaltara, Wabup Nunukan Hanafiah: Tak Mudah Tangani Covid-19 di Perbatasan RI-Malaysia

Hal itu dia sampaikan dalam diskusi webinar Gambir Talks secara virtual, Selasa (12/10/2021).

Apalagi menurut Nurwan, pertumbuhan e-commerce saat ini tumbuh pesat, lantaran banyaknya aktivitas belanja online yang terjadi sejak pandemi Covid-19 merebak di seluruh wilayah Indonesia.

Mendengar itu, Wakil Bupati (Wabup) Nunukan, Hanafiah mengaku sebagian besar UMKM di Nunukan sudah memasarkan produknya melalui e-commerce.

Meskipun di wilayah perbatasan RI-Malaysia, masih terkendala dengan jaringan.

"Sebagian dari UMKM di Nunukan sudah melek digital. Banyak yang pasarkan produk gunakan e-commers. Sehingga mereka tidak mengalami kesulitan lagi di tengah pandemi ini," kata Hanafiah dalam talkshow virtual yang diselenggarakan oleh TribunKaltara, Rabu (13/10/2021), pukul 15.00 Wita.

Lanjut Hanafiah,"Di Nunukan ada beberapa produk UMKM berupa cokelat yang dipasarkan melalui e-commerce. Ini yang membuat kita bangga. Karena Pemda tidak dibebani lagi dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tinggal kami mendukung geliat UMKM agar tetap eksis," tambahnya.

Orang nomor dua di Nunukan itu, menuturkan pemerintah daerah akan melakukan perubahan mendasar terhadap berbagai aktivitas masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved