Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Musim Pancaroba, BPBD Bulungan Siaga 24 Jam, Sebut Informasi Masyarakat Merupakan Kunci Utama

BPBD Bulungan selalu standby menanggapi laporan warga, utamanya dalam hal penanganan bencana di musim pancaroba saat ini.

TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Seksi Rehabilitas dan Rekontruksi BPBD Bulungan, Roby Zulfikar, (TRIBUNKALTARA.COM/GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Kepala Seksi Rehabilitas dan Rekontruksi BPBD Bulungan, Roby Zulfikar, mengatakan pihaknya beserta jajaran akan selalu standby menanggapi laporan warga.

Utamanya laporan terkait dampak cuaca La Nina, ataupun musim pancaroba seperti sekarang ini.

Baca juga: Terdampak Pandemi Covid-19, BPBD Bulungan Beri Bantuan Kepada Pengurus Takmir Masjid Agung Istiqomah

"Makanya kami akan tetap standby 24 jam di musim pancaroba ataupun memasuki cuaca La Nina," kata Roby Zulfikar kepada TribunKaltara.com, Rabu (13/10/2021).

Roby Zulfikar dan jajaran BPDB Kabupaten Bulungan menambahkan pihaknya juga turut bersinergi dengan Tim BMKG, untuk terus mengupdate laporan cuaca pancaroba.

"Informasi dari BMKG juga kami tetap terus bersinergi, karena update terbaru cuaca itu jadi tolak ukur kami, untuk siaga di setiap titik rawan bencana longsor, pohon tumbang, karena kita tidak bisa prediksi," tambahnya.

Ia melanjutkan, informasi dari warga adalah kunci utama penanganan pertama pada titik rawan terjadi kerusakan akibat badai puting beliung, tanah longsor, banjir, hingga pohon tumbang.

"Biasanya satu regu ada delapan orang, juga kalau saya dapat duluan informasi, saya lapor ke posko, untuk tindaklanjuti baik kejadiannya malam,pagi, sore kami siap siaga," tegasnya.

Lebih lanjut, Roby Zulfikar mengungkapkan bahwa beberapa hari ini cuaca Kabupaten Bulungan tidak menentu.

Baca juga: Menanggapi Bila Kebijakan PPKM Naik Level, Kepala BPBD Bulungan Darmawan Tetap Ikuti Aturan Berlaku

Meskipun begitu, tidak membuat semangat Roby Zulfikar padam dalam memberi pertolongan pertama kepada masyarakat.

"Minimal kita ada pos pantau, termasuk di Tanjung Palas Timur, karena di sana rawan bencana juga seperti kebakaran, sekali lagi kami siap membantu menolong," tutupnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved