Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Bantu Pemerintah Atasi PEN, Perusahaan di Tarakan Ekspor Ikan Bandeng Beku Langsung ke Tiongkok

Pandemi, ekspor komoditas perikanan keluar negeri dari Kota Tarakan sudah bisa dilakukan. Secara perdana ekspor ikan bandeng beku langsung ke Tiongkok

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Ekspor perdana ikan bandeng beku di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Meski dalam kondisi pandemi, ekspor komoditas perikanan keluar negeri dari Kota Tarakan sudah bisa dilakukan.

Seperti yang digelar beberapa pekan lalu. Ekspor perdana ikan bandeng beku yang dilakukan PT Tarakan Fiserindo Sipatuo tujuan Tiongkok.

Dibeberkan Faizal Ahmad, PIC PT Tarakan Fiserindo Sipatuo, awal ekspor sebenarnya sudah dimulai Oktober 2019 yakni tujuan ke China menuju Xiamen, kota subprovinsial dari Provinsi Fujian,

Baca juga: Momen Meriahkan HUT ke-75 Bea Cukai, Lepas Perdana Ekspor Ikan Bandeng Beku 25 Ton ke China

Lalu di 2020 lanjutnya, sempat terhenti karena lockdown di masa pandemi. Ia mengakui cukup terasa dampaknya. Tak berputus asa, akhir 2020 lalu, dua kontainer seberat 50 ton kembali dikirim tujuan ke Malaysia lalu ke Kuantam.

“ Lalu di awal tahun 2021 kami kirim ke Kuantam 3 kontainer dengan berat 75 ton. Ada juga yang ke China dengan buyer berbeda tujuan Xiamen, Fuzhou,” bebernya.

Sehingga lanjutnya, pelepasan beberapa pekan lalu bukanlah yang pertama kalinya. Terhitung PT Fiserindo sudah tiga kali melakukan ekspor ikan bandeng ke China atau yang dikenal Tiongkok.

Baca juga: Cabai Rawit dan Ikan Bandeng Ikut Sumbang Deflasi di Kalimantan Utara pada Juni 2021

“Namun untuk pelepasan ekspor dokumen atas nama Tarakan itu baru perdana,” bebernya.

Sebelumnya, biasanya mulai ekspor dari Surabaya dan menggunakan dokumen atas nama wilayah Surabaya sebelum masuk ekspor.

Ia melanjutkan, inisiasi ekspor langsung ini dalam rangka membantu pemerintah untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional (PEN). “Makanya kami berinisitif membuat semua dokumen atas nama Kota Tarakan. Jadi di Tarakan ini pertama kali langsung Tarakan- Tiongkok meski tetap transit,” ujarnya.

Jalur transit melalui Surabaya sebelum masuk ke kapal ekspor. Lebih jauh ia menceritakan untuk kepengurusan dokumen keluar negeri tidaklah begitu dipersulit menurutnya.

Ekspor perdana ikan bandeng beku di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan.
Ekspor perdana ikan bandeng beku di Pelabuhan Malundung Kota Tarakan. (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)
Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved