Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Dikecam Netizen Indonesia Gara-gara Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

Usai minta maaf, Adidas Singapura juga mengubah caption dari unggahannya dan mengakui jika Wayang Kulit berasal dari Indonesia.

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Amiruddin
Instagram @adidassg
Unggahan Adidas Singapura yang direvisi usai menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia 

TRIBUNKALTARA.COM – Adidas akhirnya minta maaf usai dikecam netizen Indonesia lantaran menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia di dalam perilisan produk terbaru mereka.

Pernyataan resmi itu disampaikan melalui unggahan di akun Instagram Adidas Singapura, @adidassg.

“Terima kasih telah menghubungi kami. Mengetahui Wayang Kulit adalah bagian bagian penting dari warisan budaya Malaysia,"

"Kami seharusnya menyoroti kalau itu (Wayang Kulit) yang ada di unggahan kami adalah asli dari Indonesia,” tulis Adidas, dikutip TribunKaltara pada Selasa (16/11/2021).

Baca juga: Lelah Kehidupan Asmaranya Diatur Netizen, Prilly Latuconsina Pilih Tak Go Publik Soal Kekasih 

Lebih lanjut pihaknya pun menyampaikan permintaan maaf atas kesalahpahaman perihal asal usul Wayang Kulit.

Adidas Singapura juga mengubah caption dari unggahannya dan mengakui jika Wayang Kulit berasal dari Indonesia.

“Kami dengan tulis meminta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang mungkin telah dilakukan, dan kami telah mengubah unggahan itu,” lanjut pernyataan Adidas.

Permintaan maaf resmi Adidas Singapura usai menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia.
Permintaan maaf resmi Adidas Singapura usai menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia. (Instagram @adidassg)

Selain itu Adidas Singapura menegaskan jika pihak brand maupun seniman yang berkolaborasi tidak bermaksud untuk mengklaim budaya Indonesia.

“Untuk menghindari kerancuan, baik merek maupun artis tidak bermaksud untuk mengklaim kebudayaan Indonesia,” tulis Adidas Singapura.

Unggahan permintaan maaf Adidas Singapura itu disusul dengan perubahan caption dalam unggahan yang ramai diserbu netizen Indonesia.

“Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain UltraBoost DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan palet warna modern,” tulis Adidas Singapura.

Sebelumnya diketahui unggahan video berdurasi 19 detik itu dikecam warganet lantaran menyebut Wayang Kulit berasal dari Malaysia.

Baca juga: Curhat Dapat Berkat di Tengah Kasus yang Menimpanya, Netizen Curiga Istri Denny Sumargo Lagi Hamil

“Merayakan warisan budaya Malaysia melalui mata @JAEMYC, dalam city pack UltraBOOST DNA selanjutnya," tulis akun @adidassg sebelum direvisi.

Seperti diketahui Wayang Kulit secara resmi ditetapkan sebagai warisan dunia asal Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatio alias UNESCO pada 7 November 2003.

(TribunKaltara.com/Titik Wahyuningsih)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved