Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Ada Tambang Batu Bara Ilegal di Balikpapan, Wali Kota Perintahkan Stop dan Pelaku Ditindak Tegas

gabungan, terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polresta Balikpapan mendatangi aktivitas tambang ilegal di kawasan Jalan Soekarno Hatta KM 25, Balikpapan.

Editor: Sumarsono
Tribun Kaltim/Dwi Ardianto
Tim Gabungan menyegel tambang batu bara ilegal di Jalan Soekarno Hatta Km 25, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, Selasa (16/11/2021). // DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN – Tim gabungan, terdiri dari Satpol PP, TNI dan Polresta Balikpapan mendatangi aktivitas tambang ilegal di kawasan Jalan Soekarno Hatta KM 25, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Lantaran tambang batu bara dadakan itu beraktivitas tanpa izin atas perintah Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, petuhas Pol PP Balikpapan langsung menghentikan dan menyegel alat berat (excavator) yang tengah mengeruh lahan mencari batu bara tersebut.

Tindakan tegas ini dilakukan setelah menerima laporan dari masyarakat yang mengeluhkan aktivitas tambang di sekitar daerahnya. 

Seperti diketahui Pemerintah Kota Balikpapan sejak era Wali Kota H Imdaah Hamid mengeluarkan Perwali yang mengatur tentang larangan adanya aktivitas tambang di wilayah Kota Balikpapan.

Baca juga: Dugaan Pencemaran Limbah Tambang Batu Bara di Desa Langap, Begini Temuan DLH Malinau

Saat petugas gabungan tiba di lokasi, ditemukan beberapa excavator tengah mengeruk lahan untuk mencari batu bara. 

"Saya juga tidak tahu, tiba-tiba ada saja ini tambangnya. Tidak ada izin juga, kita tidak tau apa-apa," tandas Sadrianto, Ketua RT 45 Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara.

Ia bahkan hanya menerima laporan dari masyarakat sekal pada Kamis pekan lalu. Bahwa, ada aktifitas pertambangan.

Laporan masyarakat pun langsung ditindaklanjuti keesokan harinya. Sadrianto bersama Babinsa dan Babinkamtibmas segera mengecek lokasi pertambangan.

"Saya tidak mau berlarut, Jumat kami cek bersama ternyata benar bahwa ada aktivitas tambang batu bara," ujarnya kepada TribunKaltim.Co, Selasa (16/11/2021).

Serahkan Proses Hukum ke Polresta Balikpapan

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved