Breaking News:

Virus Corona Malinau

Kasus Covid-19 Naik 2 Pekan Terakhir, Kadinkes Malinau Beber Belum Ada Kluster PTM dan Takziah

Kasus Covid-19 naik 2 pekan terakhir, Kadinkes Malinau beber belum ada kluster PTM dan takziah.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, John Felix Rundupadang saat ditemui.sebelum keberangkatan di Bandara Kol RA Bessiing Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (8/7/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Kasus Covid-19 naik 2 pekan terakhir, Kadinkes Malinau beber belum ada kluster PTM dan takziah.

Malinau masuk daftar 126 kabupaten/kota di Indonesia berpotensi mengalami kenaikan kasus hasil evaluasi Kemenkes RI pada 15 November 2021.

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. John Felix Rundupadang mengakui selama dua pekan terakhir ada kenaikan kasus Covid-19.

Baca juga: PTM dan Takziah Disinyalir Penyumbang Kasus Covid-19, Aktivitas Sekolah di Malinau Tetap Berjalan

"Kalau acuannya peningkatan kasus, memang selama 2 pekan kita ada kenaikan sekitar 20 kasus. Tapi mulai turun lagi, per hari ini tersisa 9 kasus aktif di Malinau," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Rabu (17/11/2021).

John Felix Rundupadang menerangkan, kenaikan kasus tersebut bukan berasal dari aktivitas PTM Terbatas dan kegiatan keagamaan di Malinau, melainkan kasus umum.

Sebelumnya diberitakan, PTM terbatas dan Takziah merupakan penyumbang kasus di 126 wilayah hasil evaluasi Kementerian Kesehatan RI.

Selama sebulan terakhir, kasus Covid-19 di Malinau cenderung melandai, fasilitas karantina dan isolasi RSUD juga nihil dari pasien Covid-19.

"Memang ada kenaikan, tapi bukan dari dua kegiatan tadi. Sampai hari ini, kami belum menemukan ada kluster PTM terbatas atau kegiatan keagamaan," katanya.

Hasil evaluasi Kemenkes RI, Kabupaten Malinau masuk daftar 126 kabupaten/kota di Indonesia yang berpotensi mengalami kenaikan kasus.

Baca juga: Kenaikan Kasus Covid-19 Dipicu PTM dan Takziah, Malinau Masuk Daftar Wilayah yang Diawasi Kemenkes

Saat ini, kasus Covid-19 di Kabupaten Malinau kembali turun menjadi 9 kasus aktif yang tersebar di 3 wilayah kecamatan.

Mengantisipasi potensi kenaikan kasus jelan Nataru, pemeriksaan dan pengendalian orang keluar masuk di Kabupaten Malinau saat ini masih diberlakukan.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved