Breaking News:

Berita Malinau Terkini

PPKM Level 3 Jelang Nataru di Malinau, Pengetatan Akses Diberlakukan 24 Desember Mendatang

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau akan mengoptimalkan kembali Posko perbatasan Kabupaten.Pengetatan akan diberlakukan 24 Desember 2021.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pengendalian orang keluar masuk jelang hari besar keagamaan di Pos Batas Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau akan mengoptimalkan kembali Posko perbatasan Kabupaten.

Berdasarkan Intruksi Mendagri 62/2021, seluruh wilayah secara serentak akan memberlakukan PPKM level 3 mulai 24 Desember mendatang.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan rencana pengoptimalan Pos batas kabupaten.

Baca juga: Simak dan Pahami! Ini Syarat Perjalanan saat Natal & Tahun Baru Kala Pemberlakukan PPKM Level 3

Dilakukan sebagai skema penanganan lonjakan kasus Covid-19 jelang Natal dan Tahun Baru 2021.

"Mulai 24 Desember seluruh wilayah akan diterapkan PPKM level 3 secara serentak. Pos-pos pengawasan mulai tingkat desa hingga pos batas kabupaten akan dioptimalkan lagi," ujarnya, Senin (24/11/2021).

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Kaltara Akan Terapkan PPKM Level 3, Wagub Yansen Tegaskan ini

Menurutnya tiga hal yang menjadi fokus pengawasan Satgas Penanganan Covid-19 adalah, aktivitas di tempat ibadah dan perayaan Natal 2021.

Pengawasan di tempat perbelanjaan dan lokasi keramaian serta wahana-wahana dan daerah wisata di Malinau, dan pengendalian orang keluar-masuk Malinau.

Pengendalian orang keluar masuk jelang hari besar keagamaan di Pos Batas Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu
Pengendalian orang keluar masuk jelang hari besar keagamaan di Pos Batas Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Termasuk sosialisasi larangan mudik Nataru kepada masyarakat terkhusus peniadaan mudik bagi Aparatur Sipil Negara.

"Saat ini, Malinau menerapkan PPKM level 2 bersama seluruh kabupaten/kota di Kaltara. Jelang perayaan Natal nanti serentak diberlakukan level 3. Saat ini, kita akan mempersiapkan strategi dan teknis pengawasannya," ungkapnya.

Baca juga: Akhir Tahun Pemerintah Terapkan PPKM Level 3, Wagub Kaltara Yansen Tipa Padan: Bukan Melarang Natal

Kabupaten Malinau saat ini kembali memperpanjang PPKM level 2 berdasarkan Inmendagri 61/2021terhitung sejak 23 November hingga 6 Desember 2021 nanti.

Wempi W Mawa menjelaskan mekanisme pengawasan dan pengetatan orang keluar-masuk mengadopsi tingkat kerawanan daerah.

Tingkat kerawanan dan zonasi wilayah harian tingkat desa hingga kabupaten akan dilaporkan secara rutin melalui Dinas Kesehatan P2KB Malinau.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved