Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Harga CPO Melambung, Pabrik Pengolahan Sawit di Malinau Beroperasi Lagi Mulai Hari Ini

Harga Crude Palm Oil atau CPO yang kini meroket di pasar global membuat usaha perkebunan sawit kembali dilirik.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Bupati Malinau, Wempi W Mawa memantau pengoperasian Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT Bukit Borneo Sejahtera di Desa Kuala Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (1/12/2021). ( TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI ) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Harga Crude Palm Oil atau CPO yang kini meroket di pasar global membuat usaha perkebunan sawit kembali dilirik.

Di Malinau, usaha perkebunan kelapa sawit sempat menciut sekira tahun 2019 silam karena sulitnya hilirisasi sawit milik petani.

Baca juga: Plasma Sawit 20 Persen dari PT Gawi Plantations, Berikut Pernyataan Bupati Bulungan Syarwani

Saat ini sejumlah lahan perkebunan sawit kembali produktif akibat melonjaknya harga tandan buah segar atau TBS Sawit di pasaran.

Serapan TBS dan hilirisasi usaha perkebunan sawit di Malinau didukung dengan beroperasinya kembali Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit PT Bukit Borneo Sejahtera (PT BBS).

Bupati Malinau, Wempi W Mawa menyampaikan pengoperasian kembali Pabrik Pengolahan Sawit memberikan jaminan hilirisasi hasil perkebunan di Malinau.

"Pabrik ini sempat berhenti beroperasi karena pandemi, kurang lebih seumuran Covid-19, 2 tahun lebih.

Hari ini kembali beroperasi lagi. Yang penting, masyarakat, petani mengetahui pabrik ini sudah beroperasi kembali," ujarnya, Rabu (1/12/2021).

Pabrik pengolahan kelapa sawit PT BBS tersebut diklaim dapat mengolah sekira 20 ton TBS per jam, produksi maksimal diperkirakan dapat mengolah 400 ton sehari.

Bupati dan FKPD Malinau didampingi Direktur Utama PT BSS, Hans Leo Schaefer siang tadi memantau kesiapan alat dan mesin pengolahan di Pabrik tersebut.

"Tadi kita sudah melihat, mesin berfungsi dengan baik. Apalagi, transaksinya langsung di tempat, setelah ditimbang langsung dibayar," ungkap Wempi W Mawa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved