Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Apa Itu Kebiri Kimia? Tuntutan untuk Herry Wirawan yang Rudapaksa 13 Santriwati di Bandung

Apa itu kebiri kimia yang menjadi satu di antara beberapa tuntutan hukuman untuk pelaku rudapaksa 13 santriwati di Bandung, Herry Wirawan?

Editor: N Anastasia
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Herry Wirawan terdakwa kasus perkosaan 13 santriwati digiring petugas masuk mobil tahanan seusai dihadirkan pada sidang dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/1/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM - Apa itu kebiri kimia yang menjadi satu di antara beberapa tuntutan hukuman untuk pelaku rudapaksa 13 santriwati di Bandung, Herry Wirawan?

Dikutip dari kemenpppa.go.id, kebiri kimia merupakan pemberian zat kimia melalui penyuntikan atau metode lain kepada pelaku persetubuhan yang pernah dipidana karean melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau orang lain.

Kemudian pemberian tindakan kebiri kimia ini dapat dikenakan apabila pelaku melakukan kekerasan seksual kepada lebih dari satu orang korban.

Baca juga: Herry Wirawan Dituntut Hukuman Mati, Kuasa Hukum Korban: Bisa Hapus Rasa Sakit Hati Keluarga Korban

Hingga mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, penyakit menular, terganggu atau hilangnya fungsi reproduksi, serta korban meninggal dunia.

Semnetara terkait kebiri kimia diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tindakan Kebiri Kimia, Pemasangan Alat Pendeteksi Elektronik, Rehabilitasi, dan Pengumuman Identitas Pelaku Kekerasan Seksual Terhadap Anak.

Terdakwa pencabulan santri di Cibiru, Kota Bandung, Herry Wirawan tampil untuk pertama kali di depan publik, Selasa (11/1).
Terdakwa pencabulan santri di Cibiru, Kota Bandung, Herry Wirawan tampil untuk pertama kali di depan publik, Selasa (11/1). (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Kemudian mengacu pada PP Nomor 70 tahun 2020 berikut tahapan kebiri kimia bagi pelaku kekerasan sekusal yaitu:

Sebelum proses kebiri kimia dilakukan terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan yaitu penilaian klinis, kesimpulan, dan pelaksanaan.

Untuk tahap penilaian klinis dilakukan oleh tim yang terdiri dari petugas dengan kompetensi di bidang medis dan psikiatri.

Baca juga: Mediasi Perwalian Gala Sky Gagal, Faisal Siapkan Saksi Persidangan untuk Lawan Doddy Sudrajat

Pada tahap ini pelaku akan diwawancara klinis dan psikiatri, pemeriksaan fisik, serta pemeriksaan penunjang.

Setelah itu adalah tahapan kesimpulan yang mana merupakan hasil penilaian klinis.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved