Tips Otomotif

Ini Sebab Klakson Motor Mati, Simak di Sini Cara Memperbaikinya

Kali ini akan diulas cara memperbaiki klakson motor dan penyebabnya. Klakson sangatlah penting sebagai tanda peringatan ketika berkendara di jalan.

Instagram @welovehonda_id
Tampilan Honda BeAt 

TRIBUNKALTARA.COM - Kali ini akan diulas mengenai cara memperbaiki klakson motor dan penyebabnya. Klakson sangatlah penting sebagai tanda peringatan ketika berkendara di jalan.

Sangat berbahaya mengendarai motor yang dalam kondisi klaksonn tidak berfungsi. Jadi sebelum mulai berkendara, cek dulu apakah klakson masih hidup.

Apabila ternyata klakson motor Anda tidak berfungsi atau suaranya terdengar macet, tak perlu buru-buru pergi ke bengkel. Kenali apa saja yang menyebabkan klakson motor mati supaya lebih mudah memperbaikinya. Beberapa penyebabnya masih bisa ditangani sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klakson motor tidak bunyi sekaligus cara untuk mengatasinya yang bisa Anda lakukan dikutip TribunKaltara.com dari suzuki.co.id:

1. Munculnya Karat pada Saklar Klakson

Kerak dan karat bisa saja muncul pada saklar klakson karena sudah lama digunakan. Kerusakan pada saklar klakson adalah hal yang wajar karena termasuk dalam suku cadang yang harus rutin dibersihkan.

Kerusakan karena kerak atau karat nantinya akan menghalangi arus listrik dan klakson pun tak dapat dibunyikan. Ketika kerak muncul biasanya suara klakson akan terdengar mengecil, jika karat sudah bertambah banyak maka di saat itulah klakson tidak dapat berbunyi lagi.

Bagi Anda yang menemukan gejala suara sudah mulai tidak terdengar sebaiknya segera bersihkan saklar. Caranya mudah hanya dengan melepas klakson kemudian membersihkannya.

Manfaatkan cairan khusus untuk menghilangkan karat kemudian keringkan menggunakan kain atau plas chamois. Setelah itu kembalikan ke tempat semula lalu cobalah klakson motor mati tadi apakah sudah berbunyi normal.

Baca juga: Jangan Disepelekan walau Kecil, Ini Fungsi penting Pentil Ban untuk Motor dan Mobil

2. Metal Kontraktor Mengalami Kerusakan

Klakson motor membutuhkan komponen metal kontraktor yang akan menghubungkan arus listrik DC. Sama seperti saklar klakson, komponen ini juga memiliki masa pakai yang lama kelamaan bisa mengalami kerusakan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved