Tips Otomotif

Ketahui Sebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Ini sebab AC mobil tidak dingin. Ciri utama AC yang tidak bisa bekerja dengan baik adalah keluarnya angin tanpa rasa sejuk sama sekali.

Suzuki.co.id
Ilustrasi mengemudi mobil matic 

TRIBUNKALTARA.COM - Kenali sebab AC mobil tidak dingin hanya mengeluarkan angin saja.

Ciri utama AC yang tidak bisa bekerja dengan baik adalah keluarnya angin tanpa rasa sejuk sama sekali.

Anda tentu akan dengan mudah merasakannya dan bisa melakukan pengecekan agar segera tahu apa penyebab utamanya.

Jika Anda ingin segera melanjutkan perjalanan dengan nyaman, perlu mengenali apa saja penyebab hanya angin yang keluar dari AC mobil berikut ini dikutip TribunKaltara.com dari suzuki.co.id:

Kotornya Filter Kabin, Kondensor dan Evaporator

Ada tiga komponen yang jika kotor akan membuat AC tidak dingin dan hanya keluar angin. Pertama adalah filter kabin yang akan menjaga sirkulasi udara tetap baik. Anda sebaiknya rutin membersihkan dan menggantinya setiap 16.000 km.

Baca juga: Jangan Disepelekan walau Kecil, Ini Fungsi penting Pentil Ban untuk Motor dan Mobil

Kedua adalah kondensor yang berfungsi membuang panas dari kompresor. Ketika kotor tentu panas tidak dapat dilepaskan dan membuat AC tidak dingin. Padahal Anda hanya perlu rutin membersihkan kondensor agar bebas debu dan karat.

Ketiga adalah evaporator yang bekerja untuk mendistribusikan dingin ke seluruh kabin. Evaporator yang kotor membuat udara dingin yang seharusnya keluar terhambat selain itu angin yang keluar dari AC juga kotor.

2. Freon atau Refrigerant yang Habis

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin yang kedua tentu sudah sangat umum diketahui. Freon atau refrigerant merupakan fluida yang akan menyerap beban pendingin. Cairan inilah yang akan menciptakan udara sejuk.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved