Tips Otomotif

Tak Mesti di Bengkel, Begini Cara Sederhana Perawatan Radiator Mobil

Begini cara perawatan radiator mobil, tidak mesti dilakukan di bengkel. Pemilik kendaraan harus merawat radiator secara berkala.

suzuki.co.id
Radiator mobil. (suzuki.co.id) 

TRIBUNKALTARA.COM - Begini cara perawatan radiator mobil, tidak selalu dilakukan di bengkel. Pemilik kendaraan harus merawat radiator secara berkala.

Lebih baik untuk melakukan pengecekan setiap pagi atau sebelum digunakan, agar mengetahui bahwa mobil dalam kondisi prima.

Khususnya bagi Anda yang sering menggunakan mobil untuk bepergian ke luar kota.

Berikut ini cara merawat radiator yang perlu diperhatikan dikutip dari suzuki.co.id.

Rutin Mengecek Volume Air Radiator

Hal pertama yang harus Anda dilakukan adalah sering mengecek kondisi air radiator. Banyak sekali pemilik kendaraan yang lalai mengecek volume airnya sehingga kemampuan untuk menyerap suhu panas jadi menurun.

Jumlah air radiator yang kurang akan membuat suhu panas dari mesin terus meningkat. Selain itu juga akan muncul proses vakum karena adanya tekanan yang disalurkan ke tabung cadangan air radiator.

Kondisi tersebut akan sangat berbahaya, jadi sebaiknya cek kembali apakah volume dari air radiator sudah sesuai dengan indikatornya.

Membersihkan atau Menguras Tangki Radiator

Selanjutnya adalah rutin menguras air radiator supaya tidak terjadi korosi dari bagian dalam tangki dan komponen lainnya. Waktu menguras setidaknya adalah 2 minggu sekali. Dengan begitu komponen dari bahan logam akan terhindar dari karat dan radiator berfungsi dengan baik.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Rokok dalam Mobil Menggunakan Bahan Alami

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved