Tips Otomotif

Ini Tips Agar Aki Motor Tetap Awet, Rutin Panaskan Kendaraan Hingga Waspadai Kebocoran

Berikut ini tips mudah merawat aki motor agar tetap awet. Sebagian besar kerusakan aki lebih sering terjadi karena kesalahan penggunaan.

suzuki.co.id
Aki motor. (suzuki.co.id) 

TRIBUNKALTARA.COM - Berikut ini tips mudah merawat aki motor agar tetap awet. Sebagian besar kerusakan aki lebih sering terjadi karena kesalahan penggunaan.

Tidak memperhatikan kondisi mesin kendaraan sebelum berkendara atau kurang rutin servis menjadi masalah utamanya.

Ada beberapa cara agar aki motor awet berikut ini yang bisa Anda ikuti dengan mudah dikutip TribunKaltara.com dari suzuki.co.id:

1. Membersihkan Kerak Aki

Bagi Anda yang menggunakan aki basah, perlu untuk mengecek kondisi aki secara berkala. Karena aki basah memiliki kecenderungan untuk muncul kerak pada bagian atas kotak aki. Lebih tepatnya pada bagian tutup aki.

Kerak ini adalah jamur yang muncul karena oksidasi air aki. Jamur ini harus rutin untuk dibersihkan supaya tidak menimbulkan korosi. Selain itu juga dibiarkan dalam jangka panjang akan merusak kinerja dari aki.

Anda bisa membersihkan kerak ini menggunakan sikat secara perlahan sampai tidak ada sisa kerak lagi. Hindari untuk menggunakan air atau cairan pembersih apapun yang justru dapat merusak kotak aki.

Baca juga: Ini Macam-macam Motor Sport Keluaran Suzuki, Nyaman Buat Harian dan Touring

2. Mengecek Ketinggian Cairan Elektrolit

Khusus untuk aki basah, Anda perlu rutin untuk mengisi larutan elektrolit. Berbeda dengan aki kering yang sudah menggunakan gel elektrolit dari pabrikan. Cara agar aki motor awet selanjutnya adalah mengisi air aki ketika berada di batas bawah.

Jangan isi air aki dengan air keran biasa karena kandungannya berbeda. Air aki sudah memiliki kandungan asam sulfat. Saat mengisi lepaskan aki dari tempatnya kemudian buka tutup aki satu per satu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved