Pemindahan IKN

IKN Nusantara, dari Kalimantan Timur untuk Indonesia dan Dunia

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan Ibu Kota Negara Indonesia baru seperti yang disebutkan dalam Undang-undang Nomor 3 tahun 2022.

Editor: Sumarsono
IST
Rektor Uniba Dr Isradi Zainal (kanan) saat diskusi "Arti Penting Pemindahan IKN Nusantara bagi Masyarakat Kaltim" digelar Universitas Balikpapan. 

Oleh: Dr Isradi Zainal

Rektor Universitas Balikpapan, Sekjen Forum Rektor PII, Ketua Komisi Dewan K3 Nasional

TRIBUNKALTARA.COM – Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan Ibu Kota Negara Indonesia baru seperti yang disebutkan dalam Undang-undang Nomor 3 tahun 2022.

IKN Nusantara terdiri dari daratan dan lautan. Luas daratan kurang lebih 256.142 hektare (termasuk Bukit Soeharto) dan perairan laut seluas kurang lebih 68.189 hektare (Pasal 6 UU IKN).

Direncanakan kawasan pengembangan IKN Nusantara seluas 199.962 hektare, (Kompas. com,21/2/2022).

Setelah ditandatanganinya UU IKN, secara bertahap wilayah ini nantinya tidak lagi menjadi bagian dari Kalimantan Timur.

Baca juga: Jadi Penyangga IKN Nusantara, Samarinda Siapkan Rumah Hunian Tipe Murah, Harga Mulai Rp 153 Juta

Untuk konteks ini, Kalimantan Timur kembali berkontribusi terhadap negara setelah selama puluhan tahun menyumbang ratusan triliun rupiah ke pusat per tahunnya.

IKN Nusantara berada di sekitar Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara (Sepakunegara) atau Pakunegara (Penajam Paser Utara 'Pa' dan Kutai Kartanegara 'Kunegara').

Di jaman kerajaan wilayah ini pernah menjadi bagian dari Kesultanan Paser 'Pa' dan Kesultanan Kutai Kertanegara 'Kunegara'.

Luasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah ditetapkan. Berdasarkan Pasal 6 UU IKN, wilayah daratan Nusantara memiliki luas sekitar 256.142 hektare.
Luasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah ditetapkan. Berdasarkan Pasal 6 UU IKN, wilayah daratan Nusantara memiliki luas sekitar 256.142 hektare. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Di sebelah utara, IKN Nusantara berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sanga Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar.

Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Penajam di Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Barat, Balikpapan Utara dan Balikpapan Timur.

Dan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Baca juga: Luasan IKN Nusantara Sudah Ditetapkan, Berikut Batas Wilayah Ibu Kota Negara, Lahan PPU Terancam?

Pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim ini didasarkan pada sejumlah alasan di antaranya minim potensi bencana jika dibandingkan dengan wilayah lain di Indonesia, dan berada di tengah Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved