Tips Otomotif

Dampak Buruk Koil Mobil Lemah, Kenali Ciri-cirinya, Berikut Solusinya

Akibat yang dihasilkan ketika koil mulai lemah sangat bervariasi. Berikut ini ciri-ciri koil mobil sudah lemah dan begini solusinya.

Instagram @kia_indonesia
Ilustrasi mobil Kia Seltos GT Line 

TRIBUNKALTARA.COM - Akibat yang dihasilkan ketika koil mobil mulai lemah sangat bervariasi. Berikut ini ciri-ciri koil mobil sudah lemah dan begini solusinya.

Apabila koil mobil lemah, akan banyak dampaknya, mulai dari mesin yang brebet, tenaga mesin menjadi lemah hingga mogok.

Untungnya ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan ketika terjadi kerusakan pada koil.

Sebagai pemilik kendaraan tentunya Anda harus memahami seperti apakah ciri ciri koil lemah pada mobil. Kenali juga bagaimana cara untuk mengatasi koil yang mulai rusak ini.

- Koil Menjadi Panas

Ciri yang pertama adalah panas muncul terlalu tinggi pada koil. Anda bisa meraba koil terlebih dahulu untuk memastikan tingkat panasnya. Pada saat bekerja koil juga akan mengalami kenaikan suhu.

Baca juga: Murah Banget, Daftar Mobil Bekas Rp 50 Jutaan Bisa Muat 7 Penumpang

Bedanya pada saat melemah, koil akan terasa menyengat ketika disentuh. Penyebabnya bisa karena usia koil yang sudah terlalu tua. Bisa juga karena nilai resistansi gulungan kawat sudah besar.

Apabila penyebabnya adalah usia yang terlalu tua sebaiknya segera ganti koil. Membiarkannya terlalu panas akan melemahkan kualitasnya dalam meningkatkan arus listrik.

- Tampak Percikan Api pada Koil

Ciri ciri koil lemah pada mobil yang selanjutnya adalah muncul percikan api di koil. Percikan api ini disebabkan karena lapisan kawat pada koil sudah mengelupas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved