Berita Kaltara Terkini

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin Sebut Daerah Harus Agresif Cari Dana di Tingkat Pusat

Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin mengatakan, ada sejumlah dana di tingkat nasional atau pemerintah pusat yang dapat dimanfaatkan oleh daerah.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin saat ditemui di Gedung Gadis, Tanjung Selor, Selasa (29/3/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Wakil Ketua DPD RI, Mahyudin mengatakan, ada sejumlah dana di tingkat nasional atau pemerintah pusat yang dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh daerah.

Dana tersebut, kata Mahyudin, dapat turun ke daerah, apabila pemerintah daerah mau meminta secara intensif atau bahkan secara agresif.

Dengan cara tersebut, kata Mahyudin, peluang pemerintah pusat untuk memperhatikan daerah akan lebih besar.

Baca juga: Wakil Ketua DPD RI Mahyudin Bersama Fernando Sinaga hingga Wakil Menteri Kunjungi Kaltara dan IKN

Hal ini ia ungkapkan saat ditemui di Tanjung Selor dalam rangka kunjungannya di Kaltara. Selain dirinya, sejumlah senator asal Kaltara seperti Marthin Billa, Hasan Basri dan Fernando Sinaga turut hadir mendampingi Mahyudin.

"Sebenarnya banyak cara-cara di nasional itu di kementerian khususnya ada dana-dana seperti dana alokasi khusus yang bisa dialokasikan untuk daerah," kata Mahyudin, Selasa (29/3/2022).

Baca juga: Sampaikan Hasil Reses, Senator DPD RI Fernando Sinaga Soroti Kinerja Pemerintah di Kalimantan Utara

"Kalau daerah tidak agresif, memohon meminta, kita pasif, tentu akselerasi pembangunan kita lebih lambat," ujarnya.

Mantan Bupati Kutai Timur itu menyampaikan, daerah yang rajin meminta bahkan melobi yang memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan kucuran dana dari pusat.

Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga pada sela kunjungannya di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Jumat (11/3/2022).
Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga pada sela kunjungannya di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Jumat (11/3/2022). (Dokumentasi Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga)

"Perlu ada lobi, rajin-rajin bersurat meminta, supaya pusat juga melihat apa yang dibutuhkan pemerintah daerah," katanya.

Lebih lanjut, Mahyudin mengatakan, DPD sebagai representasi daerah di parlemen memastikan akan terus mengawal dan memperjuangkan keinginan dan aspirasi daerah di tingkat pusat.

Baca juga: Dorong Kaltara Lahirkan Dokter Lokal, Waka Komite I DPD RI Fernando Sinaga Apresiasi Menteri Nadiem

"Sudah menjadi kewajiban kita sebagai wakil daerah ingin daerah itu maju, makanya DPD akan mengawal aspirasi daerah di tingkat nasional untuk diperjuangkan," ujarnya.

"Dan kita datang hari ini untuk jemput bola apirasi masyarakat, harapan kami Kaltara dapat maju dan dapat mengejar ketertinggalan dari daerah-daerah lain, mana-mana program yang dibutuhka di sini akan kita tindaklanjuti," tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved