Berita Kaltara Terkini

Dorong Kaltara Lahirkan Dokter Lokal, Waka Komite I DPD RI Fernando Sinaga Apresiasi Menteri Nadiem

Waka Komite I DPD RI Fernando Sinaga mengapresiasi Mendikbudristek, Nadiem Makarim, yang mendorong lahirnya dokter-dokter lokal Kalimantan Utara.

Dokumentasi Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga
Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga pada sela kunjungannya di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Jumat (11/3/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM - Wakil Ketua Komite I DPD RI Fernando Sinaga mengapresiasi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yang mendorong lahirnya dokter-dokter lokal melalui upaya pembentukan Fakultas Kedokteran di Universitas Borneo (UBT) Kalimantan Utara.

Menurut Fernando Sinaga, upaya Nadiem Makarim ini harus didukung oleh pemerintah Kalimantan Utara.

Dia menekankan, Kemendikbud dan Pemprov Kalimantan Utara harus berjuang bersama melakukan percepatan dibentuknya Fakultas Kedokteran UBT.

"Lebih cepat terealisasi rencana ini, bisa cepat pula melahirkan dokter–dokter yang akan sangat berguna di wilayah perbatasan Kaltara dengan negara Malaysia," terang Fernando Sinaga dalam keterangan yanng diterima TribunKaltara.com, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Temani Guru Mengajar, Menteri Nadiem Makarim Ikut Belajar dan Bermain Bersama Murid di Tarakan

Dipaparkan Fernando, rencana Nadiem sejalan dengan rumusan DPD RI dan Pemprov Kaltara tahun lalu mengenai tantangan daerah perbatasan, salah satunya adalah pelayanan publik kesehatan yang masih sangat terbatas.

Keterbatasan tersebut disebabkan masih minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan termasuk dokter yang berkualitas, sarana dan prasarana penunjang kesehatan, dan dukungan anggaran kesehatan warga di wilayah perbatasan.

Disampaikan Fernando Sinaga, hingga tahun lalu masih ada warga perbatasan di Kecamatan Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan yang kesulitan untuk berobat karena fasilitas kesehatan yang tidak memadai dan kurangnya ketersediaan dokter.

"Disana hanya tersedia puskesmas pembantu yang dipimpin bidan. Kondisi ini sudah darurat kesehatan warga perbatasan. Saya mendesak Menteri Nadiem dan Pemprov Kaltara segera lahirkan dokter–dokter dan kirim segera ke wilayah perbatasan Kaltara”, tegas Fernando yang juga anggota Badan Sosialisasi MPR RI ini.

Baca juga: Mendikbudristek Puji UBT Terapkan Kampus Merdeka Belajar, Nadiem: Mengirim Mahasiswa ke Luar Negeri

Sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat Kaltara, Fernando Sinaga  melakukan dialog dengan masyarakat yang ada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara pada Jumat (11/3/2022).

(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved