Berita Kaltara Terkini

Hadapi Pemilihan Umum Serentak, Disdukcapil Kaltara Bertekad Selesaikan Perekaman Data Kependudukan

Hadapi Pemilihan Umum Serentak, Disdukcapil Kaltara bertekad selesaikan perekaman data kependudukan.

TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI
Kepala Disdukcapil Kaltara, Sanusi ditemui di Gedung Gadis, Tanjung Selor, Rabu (5/4/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Hadapi pemilihan umum Serentak, Disdukcapil Kaltara bertekad selesaikan perekaman data kependudukan.

Pihak Disdukcapil Kaltara mengungkapkan, pihaknya bertekad menyelesaikan target perekaman data kependudukan.

Di tengah keterbatasan anggaran, Kepala Disdukcapil Kaltara, Sanusi mengatakan, pihaknya terus melakukan program perekaman data kependudukan khususnya bagi warga yang memasuki usia 17 tahun di tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Jadi Stimulus Ekonomi, BKAD Kaltara Dorong OPD Realisasikan Belanja Anggaran Negara di Awal Tahun

Penyelenggara pemilu asal Tanjung Selor dan Tanjung Palas menjalani rapid test di Pendopo Lapangan Agatis Tanjung Selor, Jumat (27/11/2020). TRIBUNKALTARA.COM/AMIRUDDIN
Ilustrasi - Penyelenggara pemilu asal Tanjung Selor dan Tanjung Palas menjalani rapid test di Pendopo Lapangan Agatis Tanjung Selor, Jumat (27/11/2020). TRIBUNKALTARA.COM/AMIRUDDIN (TRIBUNKALTARA.COM/AMIRUDDIN)

Mengingat di tahun 2024 mendatang terdapat agenda besar nasional yakni pelaksanaan pemilu serentak.

"Untuk anggaran memang kami cukup terbatas, tapi jangan sampai dengan keterbatasan anggaran ini banyak warga kita di 2024 tidak bisa memberikan suara karena belum terekam dan belum memiliki KTP," kata Sanusi, Rabu (6/4/2022).

Salah satu langkah memastikan perekaman data kependudukan, kata Sanusi, ialah dengan melakukan program jemput bola.

"Sekarang kami jemput bola terus, khususnya di daerah perbatasan, jadi kami saat ini memaksimalkan pelayanan, dan kami targetkan yang nanti umur 17 tahun di 2024 itu kami selesaikan," ungkapnya.

Terpisah, Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan, pihaknya terus melakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan (DPB) untuk persiapan Pemilu 2024.

"Pemutakhiran itu tidak hanya dilakukan saat ada pemilihan tapi berkesinambungan, ini agar data pemilih kita itu semakin mutakhir, dan juga lebih akurat," kata Suryanata Al-Islami.

Menurut Suryanata, terdapat kenaikan daftar pemilih sebesar 365 orang, dari 428.850 orang di bulan Desember 2021, menjadi 429.215 orang untuk periode Maret 2022.

Baca juga: Banyak Masalah & Persoalan, DAK Kaltara Hanya Rp 241,6 Miliar, Wagub Yansen TP Minta Dana Diperbesar

"Untuk saat ini fluktuatif, ada yang naik dan turun tapi untuk yang hari ini ada kenaikan, meskipun tidak begitu signifikan," terangnya.

Terkait penyerahan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) dari Kemendagri kepada KPU RI, Suryanata mengatakan, hal tersebut masih menunggu pengesagan rancanagan peraturan KPU terkait tahapan pemilihan.

"Kita lihat nanti, karena penyerahan itu termasuk bagian di dalam tahapan, rancangan PKPU tahapan belum dibahas, kita berharap itu bisa segera dibahas," tuturnya.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved