Mutiara Ramadan

Keutamaan Berzakat Melalui BAZNAS

Sering orang bertanya bolehkan berzakat langsung kepada fakir miskin tanpa melalui lembaga pengelola zakat seperti Baznas dan lembaga lain-lain.

Editor: Sumarsono
TRIBUNKALTARA.COM
Wakil Ketua (Waketu) MUI Kaltara, Syamsi Sarman. . 

Oleh: Syamsi Sarman, SPd

Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Kalimantan Utara

TRIBUNKALTARA.COM - Sering orang bertanya bolehkan berzakat langsung kepada fakir miskin tanpa melalui lembaga pengelola zakat seperti Baznas dan lembaga lain-lain.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini saya ingin sampaikan beberapa keterangan untuk membuka pengetahuan dan wawasan kita semua.

Di dalam QS. At Taubah : 60, Allah jelas menyebutkan tentang keberadaan amilin (pengurus zakat), yaitu orang atau lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengelola zakat.

Kemudian pada surah yg sama ayat 103, Allah juga memberikan tugas kepada amilin untuk mengambil zakat dari orang-orang yang berharta.

Sehingga di masa Rasulullah dan kekhalifahan sahabat, Muadz bin Jabbal dan Ali bin Abi Thalib ra pernah diberikan tugas sebagai amilin.

Jadi, Baznas dan lembaga amilin yang ada saat ini bukanlah bikin-bikinan atau inisiatif pemerintah dan ormas islam, melainkan perintah langsung dari Allah dan Rasulullah saw.

Baca juga: Kapan Zakat Fitrah Dikeluarkan? Berikut Niat Zakat dan Ketentuan Apabila Dibayar Menggunakan Uang

Pertanyaan selanjutnya adalah kenapa meski lewat Baznas ?

Zakat merupakan rukun islam dan kewajiban bagi setiap muslim yang harus ditunaikan sesuai waktu, kadar perhitungan dan sasaran yang sudah ditentukan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved