Hepatitis Akut Terdeteksi di Malinau

Diduga 2 Anak Terdeteksi Hepatitis Akut Misterius di Malinau, Ini Gejala & Metode Pencegahannya

Dinas Kesehatan PPKB Malinau menerima laporan terkait penemuan potensi dan gejala kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pengenalan gejala kasus hepatitis akut dan upaya deteksi dan penanganan kepada jejaring surveilans Puskesmas seluruh Malinau di Kantor Dinas Kesehatan PPKB Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (18/5/2022) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Dinas Kesehatan PPKB Malinau menerima laporan terkait penemuan potensi dan gejala kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown Aetiology).

Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan PPKB Malinau sebelumnya menerima dua laporan berdasarkan formulir penyelidikan epidemiologi terhadap 2 pasien anak di RSUD Malinau.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Malinau, Arifin menjelaskan, pedoman penenanganan pasien yang dicurigai mengidap hepatitis akut telah dirinci melalui SE Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara.

Baca juga: Hepatitis Akut Misterius Diduga Masuk di Kaltara, Dinas Kesehatan Nunukan Sebut PTM Tetap 100 Persen

Jenis penyakit yang kerap disebut sebagai Hepatitis Akut Misterius ini adalah jenis penyakit menular.

Anak-anak khususnya usia di bawah 15 tahun dipercayai rawan terserang penyakit yang belum diketahui penyebabnya tersebut.

"Laporan sampai saat ini, belum ada rilis terkait penyebab pasti. Namun secara umum, dari Kemenkes RI telah menerbitkan SE kewaspadaan dini. Ada gejala-gejala awal yang patut dicurigai sebagai hepatitis akut tadi," ujar Arifin, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Kronologi Penemuan Dugaan Hepatitis Akut Misterius di Malinau, Dinkes Kirim Sampel ke Balitbangkes

Kenali Gejala Awal dan Gejala Lanjutan

Dinas Kesehatan PPKB Malinau turut merilis gejala awal dan lanjutan hepatitis akut misterius sebagai berikut:

1. Gejala Awal

- Mual,

- Muntah

- Diare berat

- Demam Ringan

Pengenalan gejala kasus hepatitis akut dan upaya deteksi dan penanganan kepada jejaring surveilans Puskesmas seluruh Malinau di Kantor Dinas Kesehatan PPKB Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (18/5/2022)
Pengenalan gejala kasus hepatitis akut dan upaya deteksi dan penanganan kepada jejaring surveilans Puskesmas seluruh Malinau di Kantor Dinas Kesehatan PPKB Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (18/5/2022) (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

2. Gejala Lanjut

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved