Berita Bulungan Terkini

PDRB Kabupaten Bulungan dari Tahun  2017 Hingga 2021 Meningkat, Ini Penjelasan Kepala BPS Maibu

PDRB adalah salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomidi suatu wilayah.

Penulis: - | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulungan 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN- Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah salah satu perangkat data ekonomi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja pembangunan ekonomi suatu wilayah provinsi maupun kabupaten dan kota.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bulungan, Maibu Barwis Sugiharto menuturkan perangkat data PDRB digunakan sebagai kepentingan dan tujuan lain.

"Seperti sebagai dasar pengembangan model-model ekonomi dalam rangka menyusun formulasi kebijakan, tingkat percepatan uang beredar, pendalaman sektor keuangan, penetapan pajak, kajian ekspor dan impor dan sebagainya," ungkapnya Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: BPS Catat Kaltara Alami Inflasi 0,76 Persen, Transportasi Udara Sumbang 0,19 Persen

Maibu menuturkan, sebagai ibukota provinsi, penduduk Kabupaten Bulungan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena masuknya pendatang dari berbagai wilayah.

Menurut Maibu, masuknya pendatang ke Bulungan disebut membawa pengaruh positif terhadap jumlah industri dan perdagangan, penyediaan akomodasi, maupun penyediaan makan minum.

“Selain itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah terutama di kawasan Tanjung Selor juga membantu mendorong nilai pengeluaran pemerintah dan pembentukan modal tetap bruto,” Sabtu (11/6/2022).

Baca juga: BPS Bersama OPD Pemprov Kaltara Lakukan Penandatanganan Komitmen, Berikut Isi Kerjasamanya

Lebih lanjut Maibu, nilai PDRB Bulungan selama periode tahun 2017 sampai dengan 2021 menunjukkan peningkatan.

Diketahui berdasarkan peningkatan nilai tersebut dipengaruhi oleh adanya perubahan harga dan juga perubahan volume produksi yang dengan signifikan memengaruhi perekonomian Kabupaten Bulungan pada tahun tersebut.

Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulungan
Kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulungan (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

“Nilai nominal PDRB Bulungan pada tahun 2021 mencapai Rp20,11 triliun rupiah, atau bertambah cukup tinggi sekitar Rp5 triliun dibandingkan tahun 2017,” ujarnya.

Bahkan secara umum, kata Maibu peningkatan PDRB Bulungan beberapa tahun terakhir sampai dengan tahun 2019 cukup besar.

Baca juga: Pencairan BLT Migor & BPS Kepada 7.862 Jiwa Berakhir, Penyalurannnya di Empat Kecamatan Kota Tarakan

Namun pada tahun 2020 tidak terlalu besar karena kondisi perekonomian yang tidak stabil karena terjadinya pandemi Covid-19.

“Kemudian PDRB pada tahun 2021 mengalami peningkatan karena kondisi perekonomian yang perlahan mulai membaik. Peningkatan nilai nominal PDRB tersebut dikarenakan meningkatnya hampir semua komponen PDRB pengeluaran,” ucapnya.

(*)

Penulis : Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved