Berita Malinau Terkini

Ungkap Hasil DPB, KPU Malinau Sebut Ratusan Data Pemilih TMS Didominasi Penduduk Meninggal Dunia

Ungkap hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Perkelanjutan, KPU Malinau sebut ratusan data pemilih TMS didominasi data penduduk meninggal dunia.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI
Ketua KPU Malinau, Lasinias saat diwawancarai di Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Senin (18/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Perkelanjutan (DPB) di Malinau, ada ratusan data pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Malinau, Lasinias menerangkan pihaknya telah melaporkan ratusan data terkait pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Mengacu pada data Pemilu 2019, sinkronisasi data terkini tahun 2020 sebanyak 800 nama diproses untuk dikeluarkan dari daftar pemilih karena telah meninggal dunia.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dukcapil. Kami melaporkan sekira 800 data DPT yang meninggal dari data Pemilu 2019," ujar Lasinias saat ditemui di Malinau Kota, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Tokoh Adat Malinau Pertanyakan Status Jalan Batu Bara, Ini Respons Dinas PUPR Perkim Kaltara

Hasil sinkronisasi data terbaru, KPU Malinau menyesuaikan 132 data pemilih yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Hasil verifikasi faktual oleh KPU Malinau menemukan sebagian data TMS tersebut dikarenakan pemilih meninggal dunia, pindah domisili atau pemilih ganda.

"Sinkronisasi data KPU dan Kemendagri terbaru ada 132 data pemilih yang sudah meninggal tapi masuk DPT. Kita sudah lakukan uji petik, saat ini 13 telah terverifikasi, sebagian lagi soal kesesuaian alamat," katanya.

Baca juga: Keberadaan Panwas Paling Banyak Disuarakan, Perwakilan Parpol Minta Bawaslu Malinau Selektif

Lasinias mengatakan pihaknya belum melakukan verifikasi faktual skala besar. Saat ini sembari membenahi daftar pemilih berkelanjutan, pihaknya juga menunggu aturan teknis PKPU terkait tahapan lanjutan.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved