Opini

Belajar Merelakan dari Baim Wong dan Pertunjukan Citayam Fesyen Jalanan

Hal yang patut menjadi perhatian Baim Wong dan masyarakat umum lainnya adalah untuk mendukung kreativitas tidak harus dan melulu tentang komersial.

Dok Alif A. Putra
Dosen Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan Alif A. Putra. (Dok Alif A. Putra) 

Oleh: Alif A. Putra

Dosen Fakultas Hukum Universitas Borneo Tarakan

Kebiasaan Pertunjukan Citayam Fesyen Jalanan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan baru?

Dalam buku Psycho-Cybernetics, Dr. Maltz menyatakan:
“… dan banyak fenomena lain yang diobservasi secara umum cenderung menunjukkan bahwa butuh waktu sekitar 21 hari untuk menghilangkan gambaran mental yang lama dan mengentalkan (gambaran mental) yang baru.”

Motivator dan pembicara seminar pengembangan diri terkenal seperti Tony Robbins, Zig Ziglar, dan Brian Tracy kemudian menggunakan pernyataan tersebut untuk menyampaikan bahwa sebuah kebiasaan membutuhkan waktu minimal 21 hari untuk terbentuk.

Namun, masalah justru dimulai dari sini, orang-orang hanya mencatat 21 harinya, dan tidak menyampaikan bahwa 21 hari itu adalah angka minimal. Jelas sekali Dr. Maltz mengatakan bahwa dibutuhkan minimal 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, tetapi pernyataan tersebut berubah menjadi “butuh 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru” ketika disebarkan di media sosial maupun seminar-seminar motivasi.

Namun, pertanyaan lain muncul: Apakah pernyataan Dr. Maltz tersebut benar? Apakah sudah ada bukti ilmiah yang mendukungnya?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Phillipa Lally dari University College London dan koleganya–yang kemudian dipublikasikan pada tahun 2009–menemukan bahwa sebuah kebiasaan akan terbentuk sekitar 18 sampai 254 hari setelah kebiasaan tersebut dimulai.

Angka ini diperoleh dari 96 partisipan yang diminta untuk memulai sebuah kebiasaan baru dan wajib melapor kepada peneliti perkembangan dari kebiasaan yang sedang dibentuk tersebut sampai perilaku tersebut menjadi “otomatis”.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved