Berita Bulungan Terkini

Dinkes Belum Temukan Kasus Cacar Monyet di Bulungan, Velix: Kami Imbau Masyarakat Jaga Kesehatan 

Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan, dr. Velix Toding Sima sebut data puskesmas belum ditemukan kasus cacar monyet

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan, dr Velix Toding Sima 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN- Kepala Bidang Pencegahan, Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Bulungan, dr. Velix Toding Sima belum menemukan kasus cacar monyet yang menimpa warga di Bumi Tenguyun.

"Tapi kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan jaga kesehatan dan segera melapor ke puskesmas terdekat atau ke rumah sakit jika mengalami sakit gatal-gatal dan muncul bercak darah di tangan," ucapnya Jumat (5/8/2022).

Menurut dr Velix, berdasarkan laporan surveilans harian di Puskesmas seluruh Kabupaten Bulungan tidak ada temuan kasus cacar monyet.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Belum Ditemukan di Kaltara, Kadis Kesehatan Usman: Kami Terus Memantau

"Jadi kalau masyarakat bersangkutan itu punya penyakit yang ciri-ciri gejalanya seperti cacar monyet yakni Ispa kemudian timbul bintik-bintik kecil di badan," ucapnya.

Sebagai antisipasi agar masyarakat Bulungan tidak terjangkit virus cacar monyet, kata Velix hindari kontak erat.

Baca juga: IDI Minta Semua Dokter Waspadai Gejala Cacar Monyet pada Pasien, WHO Tetapkan Status Darurat

"Atau dropled tapi kemungkinan kecil penyebarannya, namun saran kami tetap jaga jarak saat bersama masyarakat, hewan, maupun hindari benda yang menurut pribadi terkontaminasi virus," ucapnya.

Tak hanya itu, kata Velix mengimbau masyarakat biasakan pola hidup sehat dengan tetap menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah harus dilakukan untuk menghindari terpapar virus berbahaya.

Ilustrasi Cacar Monyet.
Ilustrasi Cacar Monyet. (Shutterstock.com via Kompas.com)

"Karena kita tidak tahu pasti penularannya bagaimana ya tapi saya mengajak masyarakat dengan terus menjaga kesehatan anak-anak dan anggota keluarga," ujarnya.

(*)

Penulis: Georgie Sentana Hasian Silalahi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved