Berita Bulungan Terkini

Kasus Positf Covid-19 di Bulungan Bertambah Jadi 13 Orang, Didominasi Warga Kecamatan Tanjung Selor

Di Kabupaten Bulungan kasus Covid-19 terus naik, kini ada 13 orang positif, namun Pemkab Bulungan belum melakukan pengetatan di pintu masuk perbatasan

TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI
Pintu perbatsan jalan Berau-Bulungan di KM 57 Sabtu (6/8/2022) tampak lengang dilalui kendaraan roda empat maupun dua 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per hari Jumat (5/8/2022) kemarin sebanyak 13 kasus didominasi warga berpemukiman kecamatan Tanjung Selor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bulungan Risdianto menuturkan Pemkab belum melakukan pengetatan persyaratan pelaku perjalanan meskipun saat ini kasus baru konfirmasi positif Covid-19 di Bulungan terus bertambah.

“Sekarang ini kasus aktif Covid-19 memang didominasi pelaku perjalanan. Tetapi, kita belum melakukan pengetatan persyaratan untuk pelaku perjalanan,” ujarnya Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Disidkbud Kaltara Hentikan PTM di Kota Tarakan & Kabupaten Bulungan

Bahkan, hingga saat ini pemerintah juga belum membuka fasilitas isolasi terpusat (isoter) bagi pasien konfirmasi positif karena masih melihat tren kasus sepekan kedepan.

“Iya, sekarang ini kita masih melihat tren kasus dalam sepekan kedepan. Jikapun000k terjadi lonjakan maka hal ini akan dibahas lebih lanjut bersama Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bulungan. Yang pasti sekarang ini belum ada pengetatan persyaratan untuk pelaku perjalanan maupun pembukaan fasilitas isolasi terpusat,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus, Risdianto menekankan kepada masyarakat Bulungan untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Baca juga: Kasus Covid-19 di Kaltara Kembali Bertambah, Jubir Satgas Sebut Sebagai Warning

“Pandemi ini kan sudah berlangsung dua tahun. Artinya, sudah banyak pelajaran yang kita dalam selama dua tahun ini. Jadi, saya terus mendorong masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya

Selain itu, Risdianto menuturkan pelaksanaan vaksinasi juga harus terus gencar dilaksanakan oleh Dinkes maupun satuan TNI dan Polri. 

Apalagi sejauh ini tingkat capaian vaksinasi booster di Bulungan masih relatif lebih rendah.

Pintu perbatsan jalan Berau-Bulungan di KM 57 Sabtu (6/8/2022) tampak lengang dilalui kendaraan roda empat maupun dua
Pintu perbatsan jalan Berau-Bulungan di KM 57 Sabtu (6/8/2022) tampak lengang dilalui kendaraan roda empat maupun dua (TRIBUNKALTARA.COM/ GEORGIE SENTANA HASIAN SILALAHI)

“Jadi, vaksinasi ini harus terus kita galakan untuk meningkatkan herd immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Bulungan,” ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved