Berita Kaltara Terkini

Rawan Bencana Banjir dan Longsor, DPRD Kaltara Siap Dukung Pemerintah Tanggulangi Hidrometeorologi

Ketua DPRD Kaltara Alebertus sebut pihaknya siap membantu menanggulangi bencana hidrometeorologi. Tentu nanti kolaborasi dengan OPD terkait.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Ketua DPRD Kaltara, Albertus Stefanus Marianus 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Gubernur Kaltara, Zainal Paliwang, mengungkapkan Kaltara adalah daerah yang rawan bencana.

Nunukan dan Tarakan, kata Zainal, kerap dilanda bencana banjir dan tanah longsor yang merupakan dampak dari bencana hidrometeorologi.

Menanggapi pernyataan gubernur, Ketua DPRD Kaltara, Albertus Stefanus Marianus, mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah terkait penanggulangan bencana.

Baca juga: Kaltara Rawan Bencana Hidrometeorologi, Begini Penjelasan Deputi Bidang Sistem dan Strategi BNPB

Albertus mengatakan, pihak dewan akan membantu dan mendukung program-program penanggulangan bencana pemerintah termasuk dukungan dari segi anggaran.

"Tentu nanti kolaborasi dengan OPD terkait, kita tindaklanjuti dengan sosialisasi atau Perda dan pembiayaan," kata Albertus Stefanus Marianus, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Gubernur Zainal Paliwang Sebut Kaltara Rawan Terdampak Bencana Hidrometereologi: Banjir dan Longsor

"Tentu kita siap mendukung penuh, apalagi kondisi kebencanaan tadi dikatakan relatif tinggi, jadi memang kita harus simak dan antisipasi, jadi kita back-up pemerintah," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihaknya akan mendalami kembali program-program yang ada di dalam Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana Kaltara tahun 2022-2026 yang disusun oleh BPBD Kaltara.

Permukiman di Kecamatan Mentarang terdampak banjir besar pada tahun 2020 lalu di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.
Permukiman di Kecamatan Mentarang terdampak banjir besar pada tahun 2020 lalu di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM / MOHAMMAD SUPRI)

"Kita nanti akan koordinasi dengan BPBD langsung dalam rangka program ini," tutur Albertus.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved